Takbir Keliling di Bantul, Polisi Sita Kembang Api

Kapolres klaim tidak ada kejadian menonjol

Bantul, IDN Times - Kegiatan takbir keliling di Kabupaten Bantul untuk menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024) malam, mendapatkan pengawalan kepolisian.

Pengamanan berlangsung di sejumlah titik di wilayah Bantul, yang secara umum kegiatan takbir keliling berjalan aman, lancar dan tertib.

"Tidak ada kejadian menonjol, dan tentunya kami ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah selama malam takbiran," ungkap Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, Rabu (10/4/2024).

1. Peserta takbir mematuhi surat edaran bupati

Takbir Keliling di Bantul, Polisi Sita Kembang ApiKapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta.(Dok.Polres Bantul)

Selain itu, Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi aturan pelaksanaan takbir keliling sesuai surat edaran yang disepakati bersama.

"Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Bantul, yang telah mematuhi aturan pelaksanaan takbir keliling, sehingga semuanya dapat berjalan aman dan lancar," ucapnya.

2. Peserta takbir keluar dari wilayah kapanewon dipulangkan

Takbir Keliling di Bantul, Polisi Sita Kembang ApiIlustrasi malam takbiran. Pexels/Noor Aldin Alwan

Menurut Kapolres, berdasarkan laporan dari Polsek jajaran di 17 Kapanewon, situasi terpantau aman serta tidak ada kejadian yang menonjol.

Ia juga memohon maaf kepada warga masyarakat, apabila selama melaksanakan tugas ada anggota kepolisian yang salah ucap maupun sikap.

Kapolres menambahkan perlu ada ketegasan ketika imbauan mulai diabaikan. Hal ini demi keamanan dan ketertiban wilayah Bantul, nama baik Bantul dan keselamatan semua.

“Sesuai surat edaran malam takbir maksimal sampai pukul 23.00 WIB guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Maka kami tegas pulangkan para pengendara yang masih bersliweran di jalan terutama yang keluar kapanewon,” ungkapnya.

Baca Juga: Mulai 1 Mei 2024, Tarif Tiket Retribusi Tempat Wisata di Bantul Naik

Baca Juga: Berlebaran di Sleman, Ganjar Merasa seperti Pulang ke Kampung Halaman

3. Polisi sita kembang api yang dibawa oleh peserta takbir

Takbir Keliling di Bantul, Polisi Sita Kembang ApiIlustrasi kembang api (pexels.com/energepic.com)

Kapolres menegaskan ada sejumlah kejadian membuat polisi terpaksa harus melakukan tindakan tegas, seperti melakukan penyitaan kembang api.

“Kami terpaksa sita kembang api guna mencegah digunakan sebagai alat "menembak" yang dapat melukai dan menimbulkan gesekan antar kelompok,” ujarnya.

Pengamanan selama pelaksanaan malam takbiran, dilakukan petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polres Bantul, Kodim 0729/Bantul, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga tenaga kesehatan dan tim lintas sektoral lainnya.

 

Baca Juga: Jam Operasional Bus Trans Jogja Berubah saat Idul Fitri

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya