Comscore Tracker

Ratusan Kendaraan Wisatawan Menuju Pantai Parangtritis Diputar Balik

Antrean kendaraan sempat mengular di Jembatan Kretek

Bantul, IDN Times - ‎Ratusan kendaraan wisatawan yang hendak menuju objek wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul diputarbalikkan oleh petugas di Simpang Tiga selatan Jembatan Kretek.

Selain itu, petugas gabungan turut melakukan penyekatan di tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Samas, tepatnya di depan Pos Angkatan Laut (Posal) Pantai Samas. Sehingga, wisatawan yang hendak ke Pantai Samas hingga Pantai Baru juga terpaksa putar balik.

Baca Juga: TPR Pantai Parangtritis Tak Disekat, Pengunjung Bebas Keluar Masuk

1. Antrean kendaraan wisatawan mengular hingga sisi Utara jembatan Kretek‎

Ratusan Kendaraan Wisatawan Menuju Pantai Parangtritis Diputar BalikAntrian sepeda motor dan mobil pribadi wisatawan yang diputar balik di simpang tiga selatan Jembatan Kretek. (Dok. Istimewa)

Dari pantauan di lapangan, antrean kendaraan bermotor tampak mengular hingga sisi Utara jembatan Kretek dengan panjang lebih dari 400 meter.

Kendaraan bermotor wisatawan yang sebagian besar berasal dari luar Bantul dibelokkan ke jalan Siloharjo-Imogiri Timur. Hanya kendaraan milik warga Parangtritis yang diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

"Ya tadi jalan menuju objek wisata Pantai Parangtritis tepatnya di Simpang Tiga Selatan Jembatan Kretek disekat oleh petugas dan arus lalu-lintas dialihkan ke Jalan Selopamioro ke arah timur," kata Juki, warga Pleret, Bantul, Minggu (29/8/2021).

Juki yang mengaku ingin mancing di muara Sungai Opak terpaksa membatalkan rencananya karena akses jalan ditutup.

"Ya batal mancing ke muara Sungai Opak, akhirnya mancing di sekitar Imogiri saja," ucapnya.

2. Petugas gabungan juga melakukan penyekatan di TPR Pantai Samas

Ratusan Kendaraan Wisatawan Menuju Pantai Parangtritis Diputar BalikPetugas memutarbalikkan kendaraan bermotor wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Samas dan sekitarnya.(IDN Times/Istimewa)

Sementara, wisatawan yang nekat ingin berkunjung ke Pantai Samas dan sekitarnya juga harus gigit jari. Pasalnya, sebelum masuk ke pantai, petugas gabungan dari Polairud Pos Samas dan SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul melakukan penyekatan di TPR Pantai Samas.

"Sudah ratusan kendaraan bermotor roda dua dan mobil pribadi yang kita putar balikkan karena objek wisata tutup selama pemberlakukan PPKM Level 4," ujar salah satu anggota SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul, Dwi Wiratno.

3. Wisatawan memaklumi penyekatan oleh petugas gabungan‎

Ratusan Kendaraan Wisatawan Menuju Pantai Parangtritis Diputar BalikTPR induk Pantai Parangtritis ditutup mencegah wisatawan masuk objek wisata pantai. (IDN Times/Daruwaskita)

Dwi mengatakan, beruntung seluruh wisatawan yang diminta untuk putar balik memaklumi tindakan yang dilakukan oleh tim gabungan. Sebab, objek wisata juga masih tutup dan belum dibuka.

"Semua memakluminya dan memutar balik kendaraannya," ujarnya.‎

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Sulit Diterapkan di Objek Wisata Bantul

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya