Comscore Tracker

Petugas KPPS di Bantul Enggan Datangi Pemilih yang Isolasi Mandiri

Petugas itu takut tertular

Bantul, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bantul pada 9 Desember 2020 yang lalu dinilai oleh Bawaslu Bantul berjalan dengan aman, tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Kendati demikian, Bawaslu mencatat adanya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang enggan untuk mendatangani pemilih yang menjalani isolasi mandiri karena COVID-19. Padahal setiap tempat pemungutan suara (TPS) sudah dilengkapi baju hazmat.

Baca Juga: Pakai APD Lengkap, Petugas KPPS Datangi Pemilih yang Sakit di Rumah 

1. Petugas enggan layani pemilih yang jalani isolasi mandiri karena takut tertular

Petugas KPPS di Bantul Enggan Datangi Pemilih yang Isolasi MandiriPetugas KPPS datangi pemilih yang sakit. IDN Times/Siti Umaiyah

Anggota Bawaslu Bantul, Nuril Hanafi, mengatakan pasien COVID-19 di rumah sakit lapangan khusus COVID-19 di Bambanglipuro, RSUD Panembahan Senopati Bantul, Rumah Sakit PKU Bantul dan Rumah Sakit Nur Hidayah tetap dapat menggunakan hak pilihnya.

"Pemilih yang menjalani isolasi mandiri di rumah tidak dilayani oleh petugas KPPS karena takut tertular. Akhirnya beberapa KPPS enggan mendatangi pemilih yang menjalani isolasi mandiri di rumah," katanya, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (11/12/2020).

Namun, ketika ditanya KPPS mana yang tidak melayani pemilih yang menjalani isolasi mandiri di rumah, Nuril enggan menjawabnya. Yang pasti, Nuril mengklaim ada KPPS yang enggan mendatangi pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"Ada beberapa TPS di sejumlah kecamatan yang enggan mendatangi pemilih yang menjalani isolasi mandiri," ucapnya.

2. Aplikasi Sirekap ngadat ketika KPPS hendak unggah data

Petugas KPPS di Bantul Enggan Datangi Pemilih yang Isolasi MandiriAnggota Bawaslu Bantul, Nuril Hanafi. IDN Times/Daruwaskita

Selain itu Bawaslu juga menyoroti aplikasi Sirekap TPS karena KPPS yang ingin unggah data mengalami kendala. Petugas baru bisa mengunggah data ketika mengantarkan kotak suara ke kecamatan.

"Aplikasi Sirekap sulit untuk diakses KPPS untuk upload data," ujarnya.

3. KPU Bantul minta tunjukkan KPPS yang enggan melayani pemilih yang menjalani isolasi

Petugas KPPS di Bantul Enggan Datangi Pemilih yang Isolasi MandiriKomisioner KPU Bantul, Musnif Istiqomah.IDN Times/Daruwaskita

Terpisah, Komisioner KPU Bantul, Musnif Istiqomah, akan meminta konfirmasi petugas KPPS yang tidak mendatangi pemilih yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Menurutnya, KPPS akan jemput bola pemilih di rumah jika ada permintaan dari pemilih.

"Memilih dan tidak memilih itu pilihan. Selama keluarga yang menjalani isolasi minta dilayani maka petugas akan melayani," katanya lagi.

Musnif juga meminta Bawaslu agar menunjuk KPPS yang enggan memberikan pelayanan kepada pemilih yang menjalani isolasi mandiri.

"Beritahu KPPS mana yang enggan memberikan pelayanan kepada pemilih yang menjalani isolasi mandiri," terangnya.

Baca Juga: KPPS di Bantul Positif COVID saat Bertugas, KPU Mengaku Kecolongan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya