Konsumsi Belalang Bulus, Seorang Warga Gunungkidul Meninggal

Sebelum meninggal korban sempat dirawat di rumah sakit

Gunungkidul, IDN Times - Musri (53), warga Padukuhan Selorejo, Kalurahan Sodo, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunungkidul meninggal dunia pada Senin (5/12/2022) sekitar pukul 09.00 WIB. Ia diduga meninggal setelah mengonsumsi belalang bulus.

1. Korban bersama dengan suami berangkat ke ladang dan menangkap belalang untuk dimasak‎

Konsumsi Belalang Bulus, Seorang Warga Gunungkidul MeninggalIlustrasi ladang jagung.Pixabay

Kapolsek Paliyan, AKP Solechan, mengatakan awalnya korban bersama suaminya, Kisman (76), pergi ke ladang di Kalurahan Giring pada Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka bermaksud menunggui tanaman jagung dari serangan monyet.

Pada saat itu, korban melihat belalang dan menangkap beberapa ekor untuk dimasak di gubuk yang berada di ladang tersebut.

"Sekira pukul 16.00 WIB korban dan suaminya menyantap belalang yang telah matang dimasak," ungkapnya, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Heboh, Fenomena Air Menyembur dari Dalam Tanah di Gunungkidul

2. Usai menyantap belalang korban muntah-muntah

Konsumsi Belalang Bulus, Seorang Warga Gunungkidul Meninggalilustrasi mual (pixabay.com/nastya_gepp)

Korban saat itu memakan tiga ekor belalang kemudian suami korban memakan satu ekor. Sekira pukul 14.00 WIB korban mengalami mual dan muntah-muntah.

"Sekira pukul 16.00 WIB korban bersama suaminya pulang ke rumah dan sekira pukul 20.00 WIB korban dan suaminya dibawa ke RSUD Wonosari oleh pihak keluarga," kata Solechan.

3. Sebelum meninggal korban sempat dirawat di rumah sakit

Konsumsi Belalang Bulus, Seorang Warga Gunungkidul MeninggalIlustrasi IGD (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sesampainya di RSUD Wonosari, korban dan suaminya dirawat serta diambil sampel darah untuk dicek di laboratorium. Pada Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 02.00 WIB, korban dan suaminya dibawa pulang oleh keluarga untuk dirawat di rumah.

"Pada saat perawatan di rumah korban dan suami masih sering muntah-muntah dan oleh keluarga diberi minum air kelapa muda dan pocari sweat hingga habis dua botol," ujarnya. "Namun pada hari Senin (5/12/2022) korban sekitar pukul 03.05 WIB meninggal dunia."

Atas kejadian warga meninggal akibat keracunan mengkonsumsi belalang bulus tersebut, Solechan menghimbau agar masyarakat hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang belum diketahui apakah makanan tersebut berbahaya atau tidak.

"Ya kalau memang belum tahu, sebaiknya makanan tersebut tidak dikonsumsi," pungkasnya.‎

Baca Juga: Fenomena Tanah Ambles Kembali Terjadi di Gunungkidul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya