Comscore Tracker

Jemaah Haji Tertua Dari Bantul Berusia 96 Tahun

Kemenag berangkatkan 1.082 calon jemaah haji

Bantul, IDN Times - Sebanyak 1.082 jemaah haji asal Kabupaten Bantul akan menjalankan ibadah haji di tahun 2019 ini. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2018 yang memberangkatkan sebanyak 908 calon jemaah haji.

Sebanyak 53 persen diantaranya adalah perempuan dan sisanya laki-laki. Sedangkan yang tertua usianya 96 tahun.

Baca Juga: Minat Umrah dan Haji Tinggi, Millenial Perlu Berinvestasi Sejak Dini

2. 1.082 calon haji diberangkatkan dalam 6 kloter

Jemaah Haji Tertua Dari Bantul Berusia 96 TahunIDN Times/Aan Pranata

Kasi Penempatan Haji dan Umrah, Kemenag Kabupaten Bantul Arif Harsanto mengatakan dari 1.082 calon jemaah haji ini akan diberangkatkan dalam 6 kloter yaitu kloter 22 akan diberangkatkan pada 12 Juli 2019, kloter 23, 24 dan 25 akan diberangkatkan pada tanggal 13 Juli. Sedangkan kloter terakhir yaitu kloter 97 kemungkinan akan diberangkatkan tanggal  4 Agustus 2019.

"Sedangkan kloter terakhir tergabung dalam kloter sapu jagad hingga saat ini kita belum mendapatkan informasi pasti kapan pemberangkatannya," ungkapnya disela-sela acara Pamitan Calon Jamaah Haji di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (3/7).

2. Jemaah haji menunggu hingga 25 tahun

Jemaah Haji Tertua Dari Bantul Berusia 96 TahunIDN Times/Daruwaskita

Mengenai masa tunggu calon jemaah, Arif mengatakan dari mulai mendaftar hingga berangkat ada yang menunggu hingga 25 tahun. 

"Jadi memang antrian tunggu sangat lama karena memang animo masyarakat Indonesia untuk berhaji semakin tinggi sedangkan kuota hajinya terbatas," terangnya.

3. Persiapan fisik sangat penting dalam menjalankan ibadah haji

Jemaah Haji Tertua Dari Bantul Berusia 96 TahunIDN Times/Daruwaskita

Sementara Bupati Bantul, Suharsono mengatakan dalam menjalankan ibadah haji yang sangat dipentingkan adalah fisik yang sehat dan prima akar bisa menjalankan seluruh syariat yang ada selama beribadah. 

"Saya berharap tetap menjaga kondisi fisik yang sehat dan kuat dan kembali lagi ke Bantul dalam kondisi untuh, selamat serta menjadi haji yang mabrur," katanya.‎

DIY sendiri pada musim haji tahun ini mendapatkan tambahan kuota sebanyak 379 calon jemaah haji, sedangkan Bantul mendapatkan tambahan sebanyak 79 calon jemaah haji.

Baca Juga: Embarkasi Haji akan Dibangun di Kulon Progo, Kemenag Siap Sewa   

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You