2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya Ditemukan

Jenazah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan‎

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dua korban yang tertimbun longsor di Padukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, akhirnya berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan pada Selasa (22/11/2022) sore. Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

1. Jasad Karni yang pertama kali ditemukan‎

2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya DitemukanSejumlah tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Koordinator lapangan tim pencarian, Arif Rahman, menjelaskan korban pertama yang ditemukan adalah Karni (55) pada pukul 15.00 WIB. Jasad korban sendiri berhasil dievakuasi satu jam berikutnya.

"Korban Karni ditemukan di dekat pintu yang bergeser sekitar lima meter ke utara," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022) petang.

Baca Juga: Berusaha Selamatkan Ibunya, Karni Ikut Tertimbun Longsoran‎

2. Korban kedua dievakuasi‎ sekitar pukul 18.00 WIB

2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya DitemukanSejumlah tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Selanjutnya tim kembali melakukan pencarian terhadap satu korban lagi yakni Karso (90) dan sekitar pukul 16.30 WIB keberadaan korban diketahui. Korban berada tiga meter sisi timur dari korban pertama ditemukan. Namun, karena tanah masih labil dan terkubur material longsoran sedalam tujuh meter, maka baru pukul 18.00 WIB korban bisa dievakuasi.

"Evakuasi korban, kita harus gali ulang, hingga akhirnya sekitar pukul 18.00 WIB korban kedua berhasil dievakuasi," ucapnya.‎

Dengan penemuan ke dua jenazah maka operasi pencarian dihentikan karena semua target sudah terpenuhi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipai dalam pencarian," ucapnya.

3. Kedua jenazah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan‎

2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya DitemukanIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Kabag Ops Polres Gunungkidul, Kompol Neko Budi Andoyo mengatakan untuk korban ke dua setelah dilakukan identifikasi dipastikan adalah Karso (90).

"Kedua jenazah sudah kita serahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan," ucapnya.‎

Baca Juga: Longsor di Semin Gunungkidul, 2 Orang Terkubur Material

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya