Comscore Tracker

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Ini

Hidup berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan

Gaya hidup minimalis sudah sering terdengar gaungnya. Seperti namanya, minimalis artinya hidup tidak berlebihan, mencukupi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan bukan sekadar keinginan. 

Bagi kamu yang sedang belajar memulai hidup minimalis, ada beberapa istilah dan konsep yang penting untuk diketahui. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Zero waste living

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Inibelanja dengan zero waste (pexels.com/cottonbro)

Zero waste living adalah pola hidup ramah lingkungan yang berupaya menekan sampah seminimal mungkin.  Gaya hidup zero waste living membuat kita bijaksana dalam mengkonsumsi sesuatu mengingat limbah yang akan dihasilkan setelahnya.

Untuk mewujudkan gaya hidup ini kita dapat melakukan metode 5R, Reuse, Reduce, Recycle, Rethink, Refuse. Metode ini mengarahkan kita untuk hidup dengan sedikit limbah dan menggunakan sumber daya dengan bijak.

2. Less is More

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Iniless is more (pexels.com/Julia M Cameron)

Secara harfiah, less is more artinya semakin sedikit semakin baik. Dalam hidup minimalis semakin sedikit barang yang kita punya, artinya semakin baik. Dengan semakin sedikit barang, berarti semakin banyak ruangan (lebih leluasa) baik di rumah maupun dalam pikiran. 

Sedikit scroll media sosial semakin banyak waktu untuk membaca buku. Semakin sedikit berbelanja (hanya membeli barang yang dibutuhkan bukan diinginkan) semakin banyak uang yang dapat ditabung. Sedikit sampah berarti semakin baik keadaan bumi yang kita tinggali.

3. Clutter

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Iniilustrasi kekacauan mainan anak (pexels.com/Keira Burton)

Secara harfiah arti clutter adalah kekacauan atau berarti barang-barang berantakan. Tidak terbatas pada benda, clutter bisa diartikan sesuatu yang mengganggu perasaan dan emosi.

Clutter dapat berbentuk benda-benda, pengalaman, pekerjaan, hubungan sosial, budaya digital, perasaan, dan pikiran. Jadi untuk membersihkan clutter dibutuhkanlah kegiatan decluttering atau memilah.

4. Decluttering

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Iniperempuan sedang melakukan decluttering (pexels.com/Julia M Cameron)

Decluttering adalah kegiatan yang penting dalam memulai hidup minimalis. Decluttering adalah kegiatan memilah,menyortir, dan hanya memilih barang yang penting. Kegiatan ini dapat membantu seseorang dalam menghemat tempat di rumah dengan lebih banyak. 

Jika kamu bingung untuk memulai decluttering dari mana, mulai dengan menyediakan beberapa boks. Di masing-masing boks, kelompokkan barang-barang berdasarkan kategori: barang rusak, barang yang masih bisa diperbaiki, barang yang mau didonasikan dan barang-barang untuk dibuang.

Baca Juga: 7 Tips Hidup Minimalis dan Berkelanjutan buat Si Fashionista

5. Hidup berkesadaran

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Inihidup berkesadaran,beli secukupnya (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Mindful living atau hidup dengan berkesadaran penuh, artinya berhati-hati dan penuh pertimbangan dalam melakukan atau memutuskan sesuatu. Kita paham apa yang akan kita lakukan akan memiliki dampak, baik ke diri sendiri, orang lain dan lingkungan kita.  

Misalnya, kita memutuskan untuk berbelanja dengan membawa sendiri kantong belanja. Karena kita sadar jika berbelanja dan menerima plastik sebagai kantong belanja akan berpotensi menghasilkan sampah. Dengan melakukan segala sesuatu dengan kesadaran penuh, maka kita akan bijak melangkah dan berbuat.

6. Upcycle

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Inihasil upcycling dari jeans (instagram.com/jeaniusthecloset)

Upcycle adalah sebuah upaya proses daur ulang yang mengubah sebuah barang menjadi barang dengan kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli barang. Berbeda dengan recycle yang melewati proses daur ulang yang kebanyakan harus melewati tahap penghancuran atau peleburan.

Contohnya menjahit kembali pakaian yang rusak menjadi barang baru, entah itu sarung bantal, tote bag, atau sejenisnya. Hal ini juga berpeluang menghasilkan cuan, lho!

7. Reusable product

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Inigunakan barang-barang reuse (pexels.com/ Vlada Karpovich)

Reuse adalah penggunaan kembali adalah menggunakan lagi suatu barang lebih dari sekali. Contohnya menggunakan tas belanja dari kain, menggunakan kain lap atau sapu tangan daripada menggunakan tisu.

Membawa botol minum sendiri daripada minum dari gelas sekali pakai. Ditinjau dari sisi ekonomi, membiasakan diri menggunakan barang-barang reusable justru dapat mengirit beberapa pos keuangan.

8. Empties, pakai sampai habis

Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Iniskincare yang dipakai sampai habis (instagram.com/rubys makeuproom)

Istilah pakai sampai habis merupakan kampanye positif dari para pencinta skincare yang berkesadaran dalam menggunakan produk yang dibeli. Produk-produk seperti skincare, haircare, dan pasta gigi harus kita pakai sampai habis. 

Hal ini membantu mencegahmu untuk sekadar membeli karena ikut tren atau terkena 'racun' hasil spill produk beauty influencer. Kamu akan bertanggung jawab menggunakan produk yang berefek pula pada lingkungan.

Nah, beberapa istilah dan konsep di atas penting dalam menjalani hidup minimalis. Gaya hidup minimalis adalah sebuah proses panjang dan tidak instan. Kamu bisa memulainya dari langkah-langkah kecil untuk menghasilkan perubahan yang besar.

Baca Juga: Mau Terapkan Gaya Hidup Minimalis, Buang 7 Kebiasaan Ini

Puteridly Photo Community Writer Puteridly

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya