Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat Habis

Saatnya atur ulang keuangan 

Menuju tanggal tua, gajian menjadi momen yang dinanti. Tidak sedikit orang yang sudah butuh uang gajian di tanggal segini. Kadang jadi kepikiran, kira-kira abis buat apa aja ya uang gajian bulan ini? 

Untuk bantu kamu evaluasi, ini 5 kebiasaan sepele yang mungkin tanpa sadar kamu lakukan dan bikin uang gajian lebih cepat habis. Yuk, simak dan hindari kebiasaan berikut ini! 

1. Jajan, jajan, dan jajan

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat HabisIlustrasi makan bersama teman (unsplash.com/Toa Heftiba)

Gak bisa dimungkiri kalau jajan menjadi salah satu kebiasaan yang susah buat dikontrol. Godaan jenis makanan baru, terbiasa minum kopi atau boba, sampai sering nongkrong bikin budaya jajan tanpa sadar menjadi kebiasaan sehari-hari. 

Meskipun harganya gak seberapa dibanding gaji kamu, tapi kalau dilakukan setiap hari tentu kegiatan jajan bakal masuk lis pengeluaran terbanyak di setiap bulannya. Jadi, coba kontrol kebiasaan jajan kamu ya! 

2. Sering khilaf liat diskon dan promo

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat HabisIlustrasi orang dengan belanjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Diskon dan promo belanja biasanya diadakan di tanggal-tanggal gajian nih. Kamu harus bisa menahan diri agar tidak tergiur dengan promo yang tersebar saat masa gajian. 

Dengan embel-embel kapan lagi?, kamu juga jadi lebih mudah untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan, apalagi dengan diskon dan promo yang ditawarkan. 

Untuk menghindarinya, batasi pembelian barang di setiap bulannya. Kamu juga bisa mencatat pengeluaran untuk belanja agar tidak kebablasan dan tergiur diskon maupun promo yang ada.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik yang Harus Mulai Dibangun dari Sekarang

3. Lupa menyisihkan sebagian uang gajian untuk ditabung

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat HabisIlustrasi orang menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hati-hati buat yang tidak terbiasa menyisihkan uang gajiannya untuk ditabung. Saat melihat uang gajian masih banyak, kamu akan cenderung lebih santai dalam mengeluarkan uang. Hal ini tanpa sadar bikin uang gajian jadi cepat habis. 

Solusinya, kamu bisa membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian dari gaji kamu untuk ditabung. Selain untuk dana darurat, tabungan juga bisa menjadi keuntungan saat pensiun nanti. Lebih bagus kalau kamu mau mulai berinvestasi. 

4. Banyak membuka dan memakai e-wallet 

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat HabisIlustrasi pembayaran dengan e-wallet (pexels.com/Gustavo Fring)

Sekarang, ada banyak pilihan e-wallet yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan transaksi keuangan. Eits, ini juga bisa menjadi kebiasaan yang tanpa sadar menguras uang gajian kamu lho. 

Semakin banyak e-wallet yang kamu punya, kamu bisa cenderung lebih banyak mengeluarkan uang. Apalagi ditambah sistem paylater yang bikin tagihan bulanan membengkak. Jadi, jangan lupa untuk bijak dalam menggunakan e-wallet dan paylater agar uang gajian kamu tidak cepat habis ya! 

5. Keseringan self reward

5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Uang Gajian Cepat HabisIlustrasi liburan bersama teman (unsplash.com/Antonino Visalli)

Self reward tentu bukan hal yang buruk untuk dilakukan. Ada kalanya kamu memang berhak mendapatkan self reward atas kerja keras kamu selama ini. Namun yang jadi masalah, self reward sering kali berlebihan dan bikin kamu jadi boros. Akibatnya, uang gajian jadi sering habis untuk self reward

Untuk mengatasinya, kamu bisa menentukan waktu tertentu untuk memberi self reward. Misalnya saja, kamu suka staycation dan menjadikan itu sebagai self reward setiap 3 bulan sekali. Jadi kamu bisa nabung dulu dan cenderung tidak mudah menghabiskan uang karena rencana staycation yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari.

Itulah 5 kebiasaan sepele yang tanpa sadar bisa menghabiskan uang gajian kamu dalam sekejap. Agar lebih bijak dalam mengatur gaji, yuk coba evaluasi dan atur ulang pengeluaran kamu di setiap bulannya. 

Baca Juga: 5 Jalan Hidup Menjadi Pribadi Ikhlas agar Stres Terlepas

Felicia I. Photo Community Writer Felicia I.

on her way to find her own 𝘪𝘬𝘪𝘨𝘢𝘪

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya