Comscore Tracker

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!

Jadi makin semangat dan produktif

Kalau berbicara soal proses belajar, biasanya juga gak akan jauh-jauh dari pembahasan tentang pentingnya kedisiplinan. Hal ini pun menjadi sangat penting, sebab jika tidak, hasil belajar pun akan menjadi tidak maksimal atau bahkan mungkin sia-sia.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk coba simak dulu 5 tips simpel berikut yang diharapkan dapat membantu dirimu untuk lebih disiplin belajar.

1. Ingat kembali prioritas utama kamu dalam belajar

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!ilustrasi minum (pexels.com/Pixabay)

Kedisiplinan dalam belajar memang perlu dibiasakan dalam keseharian. Namun kadang tidak mudah untuk diterapkan karena berbagai sebab. Nah, agar dapat membantu dirimu lebih disiplin, coba deh, awali hari dengan mengingat kembali apa saja hal-hal yang perlu disiapkan untuk mendukung proses belajar yang ada.

Dengan kata lain, sedari awal kamu sudah dapat menentukan prioritas belajarmu, sehingga nantinya lebih mudah bagimu untuk tetap konsisten dan disiplin dalam menerapkan apa yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jadi, kebiasaan sederhana seperti ini juga dapat membantumu belajar dengan disiplin asal benar-benar dijalankan dengan sepenuh hati.

2. Tetapkan hasil akhir yang ingin kamu capai dari proses belajar

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!ilustrasi orang di perpustakaan (pexels.com/RODNAE Productions)

Coba pahami kembali alasan kamu mampu disiplin dan tidak disiplin dalam belajar, pahami perbedaannya dengan sedetail mungkin. Jika sudah, kamu mungkin juga akan menemukan bahwa menetapkan tujuan ketika belajar memang sangat diperlukan.

Ya, ini ada kaitannya dengan kedisiplinan yang perlu dilatih. Dengan menetapkan terlebih dahulu apa tujuan atau hasil akhir yang kamu harapkan dari proses belajar yang dijalani, tentunya juga dapat membuat diri lebih disiplin dan semangat, 'kan? Oleh karena itu, coba sekarang bayangkan dan pahami lagi prestasi belajar yang ingin kamu raih.

Baca Juga: 5 Tips Tumbuhkan Kemauan Belajar Sepenuh Hati, Biar Maksimal

3. Buat jadwal belajar secara detail dan teliti

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!ilustrasi menyusun jadwal belajar (pexels.com/RODNAE Productions)

Kunci penting lain yang perlu diingat dalam membangun kedisiplinan belajar adalah dengan membuat jadwal belajar. Mengapa membuat jadwal belajar menjadi hal yang penting, terutama membantu diri untuk lebih disiplin?

Hal ini dikarenakan jadwal belajar dapat membuat diri tahu dan ingat tentang poin-poin penting saat belajar, misalnya seperti kapan waktu belajar, materi belajar yang akan dipelajari dan lain sebagainya. Yang penting, jadwal belajar tersebut sebaiknya dibuat dengan detail, teliti dan cermat. Pastinya, sesuaikan lagi dengan kondisi dan kesanggupanmu agar hasilnya pun lebih efektif dan maksimal.

4. Beristirahat saat lelah dan perhatikan juga kesehatan diri sendiri

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!ilustrasi orang di perpustakaan (pexels.com/Ron Lach)

Bersikap disiplin saat belajar juga bukan berarti memaksakan diri ya, coba pahami lagi kemampuan diri saat ini. Termotivasi untuk terus belajar dengan baik memang sangat diperlukan, tetapi jangan sampai lupa tentang pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri.

Hal ini mungkin sudah sering terdengar. Namun memang pada kenyataannya, kesehatan sangat perlu dijaga agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal, termasuk juga aktivitas belajar. Ingatlah untuk beristirahat yang cukup saat dirimu membutuhkannya, terlebih-lebih saat sudah merasa sangat lelah. Jadi, jangan abaikan tips yang satu ini, ya!

5. Tetap jaga fokus dan konsentrasi belajarmu dengan baik

5 Tips Simpel untuk Lebih Disiplin Belajar, Terapkan, yuk!ilustrasi orang merenung (pexels.com/cottonbro)

Jangan lupa kalau untuk disiplin belajar, pada dasarnya perlu dibarengi dengan fokus dan konsentrasi belajar yang baik. Jika tidak, kemungkinan besar akan merasa kewalahan dengan berbagai hal yang berpotensi mengganggu proses belajar.

Hal ini tentunya juga sangat berhubungan dengan prioritas belajar yang sebelumnya sudah ditetapkan. Jadi, jangan mudah teralihkan oleh hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, tetaplah ingat pada tujuan dan fokus utamamu dalam belajar.

Coba baca dan pahami baik-baik semua tips di atas, ya. Pastikan kamu mampu menerapkannya dengan bijak sesuai kapasitas diri dan keadaan yang ada. Dengan demikian, kedisiplinan dalam belajar akan mulai terbentuk dan akhirnya dapat bermanfaat untukmu.

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya