Comscore Tracker

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!

Banyak hal lain yang juga penting

Mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi pastinya akan membuat seseorang merasa senang. Tak jarang beberapa orang langsung menerima begitu saja tawaran pekerjaan baru tanpa mempertimbangkan hal-hal penting lainnya selain masalah gaji. 

Gaji adalah hal yang diharapkan dalam bekerja, namun perlu diingat bahwa bekerja bukan hanya soal gaji. Ada beberapa hal penting lain yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk pindah kerja. Berikut di antaranya.

1. Lokasi pekerjaan yang baru

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!Ilustrasi berangkat kerja (pixabay.com/StockSnap)

Lokasi pekerjaan sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam menerima atau menolak tawaran kerja yang diberikan. Lokasi kerja baru erat kaitannya dengan jarak tempuh, biaya transportasi dan biaya hidup yang akan dikeluarkan.

Jarak tempuh sangat penting dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menerima tawaran kerja. Kamu harus memikirkan berapa lama perjalanan yang dihabiskan untuk menempuh jarak dari tempat tinggalmu ke kantor. Jarak tempuh yang terlalu jauh akan menguras energi dan waktumu sehingga mengurangi efektivitas dalam bekerja karena sudah kelelahan di jalan.

Jika kamu tetap memilih untuk menerima tawaran kerja dengan jarak tempuh yang lebih jauh, pertimbangkanlah pilihan pindah tempat tinggal atau kos jika memungkinkan. Hitung ulang berapa biaya yang dikeluarkan untuk biaya transportasi dan biaya hidup. Jangan sampai gaji besar yang didapatkan tidak menutup kebutuhan untuk biaya transportasi karena jarak yang terlalu jauh.

2. Posisi atau jabatan yang ditawarkan

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!Ilustrasi pria bekerja (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Pastikan juga jabatan baru yang akan kamu emban sudah sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalamanmu. Atau jika tidak, pastikan kamu mampu untuk mengerjakan tugas-tugas kerja yang ada nantinya.

Jangan sampai kamu menerima tawaran pekerjaan sementara kamu tidak tahu apa yang harus dikerjakan dan tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakannya. Hal ini akan menjadi masalah bagi dirimu sendiri dan menghambat kariermu.

Pikirkan juga apakah jabatan yang ditawarkan adalah posisi yang sesuai dengan dirimu dan lebih baik dari pekerjaanmu sebelumnya. Semua pilihan ada padamu, namun kamu perlu memastikan bahwa kamu memilih dengan tepat.

Baca Juga: 8 Tips Persiapan Mental Kembali WFO untuk yang Lama WFH

3. Profil perusahaan 

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!Ilustrasi (pixabay.com/StockSnap)

Penting untuk mengetahui profil perusahaan tempat kamu akan bergabung. Ketahui dengan baik tentang jenis usaha yang dijalankan, visi dan misi, budaya kerja serta berapa lama perusahaan tersebut berdiri. Untuk mengetahui profil perusahaan kamu bisa menanyakannya pada saat sesi interview atau membacanya di situs perusahaan.

Tujuannya adalah agar kamu memahami apa saja yang akan kamu kerjakan dan akan berhubungan dengan siapa saja nantinya. Mengetahui profil perusahaan juga akan membuatmu sedikitnya memiliki gambaran bagaimana prospek kariermu ke depannya. Jangan sampai kamu bergabung pada perusahaan yang kondisi internalnya sedang tidak baik, karena akan mempengaruhi kariermu di perusahaan tersebut.

4. Kondisi tempat kerja saat ini

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!Ilustrasi (pixabay.com/StockSnap)

Kondisi tempat kerjamu saat ini juga tak kalah pentingnya dijadikan pertimbangan untuk menerima tawaran kerja baru. Perhatikan kondisi internal perusahaan tempatmu bekerja saat ini. Bagaimana kemungkinan kariermu ke depan, apakah perusahaan saat ini bisa membuatmu berkembang, serta bagaimana budaya kerja dan hubunganmu dengan rekan kerja saat ini.

Jika kondisi tempat kerjamu saat ini baik-baik saja dan kamu nyaman menjalani pekerjaanmu saat ini, pikirkan kembali keputusan untuk pindah kerja. Karena di tempat kerja baru kamu harus beradaptasi ulang dengan pekerjaan dan orang-orang baru. Kenyamanan yang kamu dapatkan saat ini juga belum tentu didapatkan di tempat kerja barumu nantinya.

5. Dukungan keluarga

Selain Gaji, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Pindah Kerja!Ilustrasi keluarga (pixabay.com/StockSnap)

Dukungan keluarga menjadi hal penting dalam memutuskan untuk pindah kerja. Bagi beberapa orang, keluarga adalah motivasi terbesar dalam bekerja, selain itu mereka nantinya yang akan terdampak langsung oleh pekerjaanmu. Misalnya jika lokasi pekerjaanmu terlalu jauh, maka waktumu dengan keluarga akan berkurang.

Mintalah pendapat pada keluarga tentang rencanamu pindah kerja. Jika keluarga mendukung dengan segala konsekuensi yang akan dihadapi maka lanjutkan, namun jika keluarga merasa keberatan, maka pikirkan ulang rencana pindah kerjamu.

Bagaimanapun keputusan untuk stay or leave dalam sebuah pekerjaan ada di tanganmu sepenuhnya. Namun kamu perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil keputusan akhir. Jangan sampai kamu menyesali keputusanmu karena hanya melihat nominal gaji yang ditawarkan, tanpa memikirkan faktor lain yang juga berdampak pada karier dan kehidupanmu nantinya setelah pindah kerja.

Baca Juga: Kantor Cabang: Pengertian, Cara Kerja, Perbedaan dengan Kantor Pusat

Rinda Septiana Photo Community Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya