Comscore Tracker

Bantu Reda Kepanikan, Musisi Yogyakarta Buat Lagu tentang Corona

Beragam cara bisa dilakukan untuk melawan corona

Menyebarnya virus corona membuat masyarakat mengalami kepanikan, berbagai cara untuk meredakan kepanikan orang-orang terdekatnya dilakukan. Begitu juga yang dilakukan oleh para musisi Yogyakarta ini. Mereka membantu meredakan kepanikan masyarakat melalui musik dengan menciptakan sebuah lagu yang berjudul Aku, Kamu dan Corona.

Lagu ini diciptakan oleh salah satu penyanyi dan pencipta lagu dari Yogyakarta, Candra Adinugroho, yang sebelumnya sempat viral menciptakan lagu tentang kejahatan yang terjadi di jalanan, klitih. 

1. Lagu tentang cinta sepasang kekasih yang harus terpisah sementara karena corona

Bantu Reda Kepanikan, Musisi Yogyakarta Buat Lagu tentang CoronaCandra Adinugroho sebagai pencipta lagu Aku, Kamu dan Corona - Dok. Candra Adinugroho

Tak jauh dari tema lagu yang sering dinyanyikan Candra, lagu Aku, Kamu dan Corona, karya Candra ini bermaksud mengedukasi masyarakat untuk tidak ikut panik di kala corona menyebar, serta tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja guna melakukan physical distancing.

Lirik lagu ini menggambarkan seorang pria yang menenangkan kekasihnya yang dilanda rindu, namun harus saling menjaga jarak dan agar tidak panik, serta selalu percaya bahwa corona tidak akan memisahkan mereka berdua. Karena pria tersebut yakin bahwa menyebarnya virus corona ini tidak selamanya, namun hanya sementara.

Baca Juga: Frasa Social Distancing Diganti Jadi Physical Distancing, Ini Bedanya!

2. Beberapa musisi terlibat dalam proses produksi musiknya

Bantu Reda Kepanikan, Musisi Yogyakarta Buat Lagu tentang CoronaMusisi yang terlibat dalam pembuatan lagu Aku, Kamu dan Corona - Youtube.com/Candra Adi Nugroho

Candra tak sendiri, dia dibantu beberapa rekannya yang juga bergerak dalam bidang musik untuk memproduksi musik dan video lagu ini. Dia mengajak penyanyi lain, yaitu Adheodhatus Kumaladewa, salah satu pentolan band dangdut modern asal Yogyakarta, Klenik Genk.

Tak hanya menawarkan konsep duet dua vokalis saja, lagu Aku, Kamu dan Corona ini juga dibantu oleh kibordis bernama Yudi Hanafi dan gitaris grup musik pop Ngatmo Mbilung, Ivan Lukito, untuk mengisi musik pada lagu ini.

Selain itu, lagu ini juga direkam oleh Hero Aditya, dan video musiknya juga dibantu oleh videografer dari band Klenik Genk, Brilian Ramadhan. Mereka menamai proyek ini sebagai Cleleng Project, karena pada saat itu mereka sedang dalam kondisi cleleng yang dalam bahasa Indonesia berarti sedang memiliki banyak waktu luang.

Dengan berbekal alat home recording, mereka melakukan proses produksi musik di teras rumah Candra karena pada saat itu tidak ada studio rekaman yang jadwalnya sedang kosong.

3. Berharap masyarakat bisa saling menguatkan melawan corona

Bantu Reda Kepanikan, Musisi Yogyakarta Buat Lagu tentang CoronaDok. Candra Adinugroho

Candra berharap dengan adanya lagu ini, masyarakat bisa saling men-support satu sama lain meski tidak bisa kontak fisik secara langsung baik yang sedang sakit maupun yang masih sehat.

Candra juga berharap agar masyarakat tak lagi merasa kesepian dan terbebani mentalnya dengan adanya pandemi corona.

Candra juga berpesan untuk tidak saling menyalahkan satu sama lain, dan sebaiknya bersama-sama melawan virus ini agar tidak terpisahkan lagi karena corona, seperti pada lirik lagu yang dibuatnya. 

Baca Juga: Dukung Pemerintah, Penyanyi Jogja Ini Ciptakan Lagu Tentang Klitih

4. Berikut video musik Aku, Kamu dan Corona

https://www.youtube.com/embed/2_-YFG2oSyw

Corona tak bisa, memisahkan kita 4x

Bukan aku tak sayang padamu
Bila kita tak bisa bertemu
Bukan aku tak memahamimu
Bila aku tidak menyentuhmu

Kita harus menerima
Meski tiada pernah meminta
Percayalah ini hanya sementara
Bertahanlah sampai tiba saatnya

Usah kau takut, hingga kau kalut
Menyerah pada nestapa yang melanda
Sabar sejenak, usah mengelak
Tuhan pasti punya rencana yang terindah
Untuk kita

Usah kau takut, hingga kau kalut
Menyerah pada nestapa yang melanda
Sabar sejenak, usah mengelak
Tuhan pasti punya rencana yang terindah

Usah kau takut, hingga kau kalut
Menyerah pada nestapa yang melanda
Sabar sejenak, usah mengelak
Tuhan pasti punya rencana yang terindah
Untuk kita

Corona tak bisa, memisahkan kita 8x

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Poster Film dan Logo  Ikutan Physical Distancing

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya