Comscore Tracker

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia 

Satu lagi keturunan Indonesia di ajang olahraga dunia

Indonesia patut berbangga dan harus mendukung kiprah seorang keturunan Indonesia yang sedang berjuang di cabang olahraga American Football bernama Ryan Santoso. Bagi penggemar National Football League (NFL), pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Ryan Santoso karena dia sudah cukup lama menjadi perbincangan para penggemar sepak bola Amerika ini. Mau tahu lebih banyak tentang Ryan Santoso? Berikut 5 faktanya.

Baca Juga: Profil Massimo Luongo, Gelandang Timnas Australia Keturunan Indonesia

1. Ryan berposisi sebagai kicker American Football

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia Instagram.com/nflfansindo

Berbeda dengan sepak bola biasa yang diketahui banyak orang. Dalam olahraga American Football, justru hampir semua pemain tidak menggunakan kakinya untuk menggiring bola, namun menggunakan tangan dan badannya untuk melindungi bola, kecuali posisi kicker. Ryan berposisi sebagai kicker yang bertugas menendang bola baik saat bola diletakkan di tanah (placekick) maupun bola dilepas dari pegangan tangan dan ditendang sebelum menyentuh tangan (punt).  

2. Keturunan Indonesia dari ayahnya

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia Titansonline.com

Ryan termasuk seorang pemain American Football muda. Pria kelahiran 26 Agustus 1995 ini memulai karirnya dalam American Football sejak tahun 2012. Ryan sendiri mendapatkan keturunan Indonesia dari ayahnya yang bernama Riyanto Santoso yang menikahi wanita Amerika Serika bernama Lori.

Ryan memiliki dua saudara kandung. Meskipun keturunan Indonesia, namun Ryan saat ini tercatat sebagai warga negara Amerika Serikat.

3. Mengawali karirnya melalui tim di sekolahnya

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia Instagram.com/nflfansindo

Ryan tidak serta merta langsung bisa berlaga di kejuaraan American Football paling prestisius itu. Ryan mengawali niatnya bermain American Football melalui klub sekolah menengah atas di kawasan Florida. Lalu dia memutuskan untuk benar-benar berkarier di American Football saat berkuliah di Universitas Minnesota pada tahun 2012.

4. Sempat mengalami jatuh bangun saat berkarir di American Football

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia Instagram.com/nflfansindo

Di Tahun 2014, karier Ryan di American Football dimulai saat membela kampusnya di Minnesota. Namun prestasinya tidak terlalu baik , tercatat poin kemampuannya hanya 66,7%. Namun dengan tetap berjuang dan berlatih, Ryan meningkatkan poinnya hingga 80,9% pada tahun yang sama. 

Setelah selesai dari Minnesota, Ryan beranjak untuk menjadi seorang pemain profesional di Detroit Lions, sebuah tim American Football profesional di kota Detroit, pada tahun 2018. Namun sayangnya Ryan belum berhasil tampil di musim reguler NFL karena persaingan antar pemain yang berat, hingga pada akhirnya 30 Agustus 2019, Ryan sudah tidak lagi bermain di Lions.

Setelah dari Lions, Ryan mencoba peruntungannya untuk bermain di tim Canadian Football, Montreal Alouettes, sebagai regu latihan yang hanya berlangsung kurang dari satu bulan. 

5. Menjalani debutnya di NFL bersama Tennessee Titans

5 Fakta Ryan Santoso, Pemain NFL Pertama Keturunan Indonesia Titansonline.com

Setelah tidak terikat kontrak tim mana pun, Ryan akhirnya direkrut oleh tim profesional di Amerika, Tennessee Titans, pada 27 November 2019. Beruntungnya, Ryan langsung diberi kesempatan untuk melakukan debutnya berlaga di NFL melawan Indianapolis Colts. Dalam pertandingan tersebut, dari 6 kickoff yang dilakukan Ryan, dia berhasil melakukan 5 kali touchback, dan Titans unggul 31-17 dari Colts.

Kita tentu berharap, langkah awal yang sudah cukup baik bagi Ryan di kancah olahraga internasional ini bisa terus terjaga konsistensinya sekaligus membanggakan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Berwajah Cantik, Ternyata 7 Artis Ini Keturunan Indonesia dan Inggris

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Febriana Sintasari

Just For You