Comscore Tracker

Spider-Man Bercerai dengan MCU, Begini Komentar Fans dan Seleb

"Mr. Stark, I don't feel so good"

Kota Yogyakarta, IDN Times - Nasib Spider-Man di Jagat Sinematik Marvel (MCU) berada di ujung tanduk. Hal ini lantaran pihak Sony selaku pemegang hak cipta film-film Spidey dan Disney (perusahaan induk Marvel Studios) tidak menemui kata sepakat soal kelanjutan kerja sama pembuatan film Spider-Man berikutnya. 

Menurut pemberitaan eksklusif dari Deadline, Kevin Feige tidak bisa memproduksi film Spider-Man lebih lanjut karena Disney dan Sony tidak bisa mencapai kesepakatan baru.

Selama beberapa bulan terakhir tampaknya ada sengketa antara petinggi Disney dan Sony. Fakta bahwa Spider-Man: Far From Home adalah film dari seri Spider-Man terlaris sepanjang masa pun rupanya gagal untuk memuluskan negosiasi ini. Hal ini pun menuai respons dari seleb dan fans.

1. Ada 2 film Spider-Man yang sedang disiapkan

Spider-Man Bercerai dengan MCU, Begini Komentar Fans dan SelebBos Marvel Kevin Feige | Thewrap.com

Kabarnya, masih ada dua film Spider-Man lagi yang sedang dalam pengerjaan. Dua film ini direncanakan akan menempatkan Jon Watts lagi sebagai sutradara, dan Tom Holland masih sebagai Spider-Man.

Dua film ini masih bisa berlanjut, tapi dengan masalah Disney dan Sony, bisa jadi Kevin Feige tak akan terlibat.

Dilansir dari Comicbook.com, Sony kecewa namun menghargai keputusan Disney yang tidak melanjutkan keterlibatan Kevin Feige sebagai produser utama di film-film Spider-Man berikutnya.

Sony berharap keputusan ini masih bisa berubah di kemudian hari, namun mereka menyadari tanggung jawab Feige yang makin besar –setelah Disney berhasil mengakuisisi Fox– sehingga ia tidak bisa mengerjakan film-film Spider-Man, karakter yang bukan sepenuhnya milik Marvel Studios.

2. Alasan Disney dan Sony tidak mencapai kata sepakat

Spider-Man Bercerai dengan MCU, Begini Komentar Fans dan Seleb@SpiderManMovie

Tarik-ulur dua raksasa dalam industri hiburan, Sony dan Disney, ada di perihal bisnis (baca: uang). Disney menginginkan agar film-film Spider-Man berikutnya bisa dibiayai secara patungan dengan porsi sama rata 50-50, termasuk kemungkinan proyek film lain soal karakter-karakter di "lingkungan" Spider-Man.

Sony menolak proposal ini mentah-mentah dan menawarkan skema kerja sama lain, yang kali ini ditolak oleh Disney. Perusahaan yang dipimpin oleh Bob Iger ini juga tidak tertarik meneruskan skema yang sedang berjalan sekarang yang mana Marvel menerima sekitar 5 persen dari pemasukan box office di hari pertama (first-dollar gross).

3. Muncul #SaveSpiderman sebagai respons dari fans

Spider-Man Bercerai dengan MCU, Begini Komentar Fans dan Selebdok. Sony Pictures

Fans film-film superhero, terlebih lagi fans Spider-Man, merespons kabar ini dengan berkomentar di media sosial. Rata-rata, mereka tidak setuju jika Spidey –yang baru saja "pulang ke rumah"– dipisahkan lagi dari MCU. Kekecewaan mereka terangkum dalam tagar #SaveSpiderman.

4. Seleb Hollywood tak ketinggalan berkomentar

Spider-Man Bercerai dengan MCU, Begini Komentar Fans dan Selebimdb.com

Aktor Jeremy Renner yang berperan sebagai Hawkeye di film-film MCU pun meminta Sony bersedia mengembalikan Spider-Man ke Marvel. Dalam postingannya di Instagram, Renner berkata:

Hei @SonyPictures, kami ingin Spider-Man kembali ke @therealstanlee dan @marvel please, terima kasih

Sementara, Ryan Reynolds, pemeran Deadpool (yang kini bernaung di Disney) menjawab pertanyaan fans soal kemungkinan bisakah kita menikmati film Spider-Man & Deadpool:

Bisa. Tapi kamu cuma bisa menontonnya di hatiku.

Awwww~

Bagaimana pendapatmu, apakah Spider-Man lebih baik tetap bersama MCU atau kamu rela dia kembali berayun sendirian di universe-nya Sony?

Artikel ini pertama kali terbit di Duniaku.net dengan judul asli "Mengejutkan! Spider-Man Meninggalkan Marvel Cinematic Universe". Telah diubah dan ditulis ulang untuk menyesuaikan gaya IDN Times.

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Paulus Risang

Just For You