Comscore Tracker

5 Fakta Dita Karang, Gadis Jogja Member Girlband KPop Secret Number

Pernah gagal ikut JKT48, lho!

Warga Indonesia patut berbangga dengan gadis bernama Dita Karang. Gadis kelahiran Yogyakarta ini menambah daftar anak bangsa yang berkarier di dunia musik internasional dengan menjadi anggota girlband KPop, Secret Number. Secret Number baru saja debut lewat single dan music video (MV)-nya yang berjudul Who Dis?.

Di balik kesuksesannya debut di dunia hiburan Korea, ini 5 fakta yang wajib kamu tahu tentang Dita. Penasaran apa saja? Simak artikelnya, ya!

1. Memiliki nama asli Puspa Aditya Karang

5 Fakta Dita Karang, Gadis Jogja Member Girlband KPop Secret NumberInstagram.com/ditakarang

Siapa sangka wanita yang kini terkenal dengan sebutan Dita Karang memiliki nama asli yaitu Puspa Aditya Karang. Puspa diambil dari nama ibunya, sedangkan Karang merupakan nama dari ayahnya.

Dita sendiri lahir saat Natal, tepatnya 25 Desember 1996 di Yogyakarta, seperti dilansir dari akun Instagram official fansite Dita Karang @ditakarang_idn.

2. Ayahnya berasal dari Bali, sedangkan ibunya dari Yogyakarta

5 Fakta Dita Karang, Gadis Jogja Member Girlband KPop Secret NumberInstagram.com/chandra_karang

Diketahui ayah Dita Karang bernama Chandra Karang, seorang pengusaha asal Bali, sedangkan ibunya bernama Mega Puspa Arifin, seorang pengusaha asal Yogyakarta yang keturunan Tionghoa.

Dari penelusuran IDN Times, salah satu bisnis orangtua Dita adalah pabrik Tegel Kunci yang berada di kawasan Jetis, Kota Yogyakarta. Ayah Dita melalui akun Instagramnya, @chandra_karang, juga sempat mengunggah beberapa foto hasil produksi usaha yang dipimpin oleh ibunya Dita ini.

Dita sendiri adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya bernama Puspa Kirana Karang. Dari akun Instagram-nya, @kiranakarang, Kirana tampak disibukkan dengan usaha tegel kunci keluarganya.

Baca Juga: Profil Girlband KPop Baru Secret Number, Ada Membernya yang Asal Jogja

3. Sudah hobi dance sejak kecil

5 Fakta Dita Karang, Gadis Jogja Member Girlband KPop Secret NumberInstagram.com/ditakarang

Saat berada di Secret Number, Dita mendapatkan posisi sebagai main dancer yaitu anggota dalam girlband yang mengambil peran utama saat para anggota melakukan dance. Tak heran penampilan dance Dita memukau di MV perdana Secret Number yang berjudulWho Dis?.

Di balik kemampuan menarinya yang sampai diberi posisi sebagai main dancer, Dita sudah suka menari sejak kecil. 

Dita tercatat pernah menimba ilmu menarinya di Mila Art Dance School, salah satu sekolah menari di Yogyakarta.

Setelah meneruskan sekolah di New York, dirinya pun bergabung dengan I Love Dance NYC, sebuah dance studio di Amerika.

Selain itu Dita juga pernah bergabung dengan 1Million Dance Studio di Seoul, sebelum dirinya bergabung dengan VINE Entertainment menjadi anggota Secret Number.

4. Pernah ditolak audisi JKT48

Siapa sangka idol grup sebesar JKT48 ternyata pernah menolak Dita sebagai membernya. Hal ini terungkap dalam sebuah video yang beredar di Twitter. Video yang diunggah oleh akun @merahlembut ini merupakan potongan video rerun live Jinny Park, salah satu member Secret Number, yang dalam video tersebut ada Dita bersamanya. 

Salah satu viewer videonya iseng menanyakan kepada Dita apakah dirinya tahu tentang JKT48 atau tidak. Sontak Dita menjawab dirinya tahu dan mengaku pernah gagal saat mengikuti audisinya. Dita mengucapkan dalam bahasa Indonesia sehingga membuat teman-teman Koreanya tidak tahu apa yang dia katakan.

"Ya aku tau JKT48, aku pernah audisi tapi gak keterima, ssst," ucap Dita dengan cepat dalam potongan video tersebut.

Masih belum ada informasi valid di generasi berapa Dita mengikuti audisi JKT48. 

5. Dita ternyata bukan wanita Indonesia pertama yang berkarier di KPop

5 Fakta Dita Karang, Gadis Jogja Member Girlband KPop Secret NumberVanya (kiri) dan Dita (kanan) - Instagram.com

Meski saat ini banyak yang berkata bahwa Dita adalah wanita Indonesia pertama yang berkiprah di dunia KPop, ternyata sebenarnya Dita bukan wanita pertama yang berkarier di sana lho. 

Zhavanya Meidi Hendranata diketahui lebih dulu berkarier di dunia KPop. Dirinya menjadi anggota girlband Z-Girls, di awal tahun 2019. Uniknya lagi, gadis yang dipanggil Vanya ini juga berasal dari Yogyakarta sama seperti Dita, lho. Wah, ternyata anak muda Yogyakarta bertalenta hingga ke dunia internasional ya.

Itulah 5 fakta tentang Dita Karang yang perlu kamu tahu. Apa kamu juga bangga dengan Dita Karang karena menjadi salah satu anak muda Indonesia yang berkarier di luar negeri? Semoga dirinya bisa menjadi jalan pembuka anak muda lain untuk berkiprah di musik internasional, ya!

Baca Juga: 10 Potret Dita Karang, Idola Kpop Asal Indonesia yang Segera Debut

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya