Sejumlah Pintu Masuk ke DIY Mulai Ramai Pemudik

Situasi lalu lintas masih ramai lancar

Yogyakarta, IDN Times - Kenaikan arus lalu lintas mulai terjadi di beberapa pintu perbatasan wilayah DIY-Jateng pada Rabu (19/4/2023) atau H-3 Lebaran. Meski demikian, petugas kepolisian yang berjaga di pospam perbatasan menyebut situasi arus lalu lintas masih lancar bahkan landai.

1. Naik 25 persen di Tempel

Sejumlah Pintu Masuk ke DIY Mulai Ramai Pemudikilustrasi mudik (pexels.com/Stan)

Peningkatan volume kendaraan sebesar 25 persen terjadi pada hari ini berdasarkan hasil pantauan petugas pospam Tempel, Sleman, atau di perbatasan utara DIY-Jateng. Angka tersebut adalah hasil perbandingan dengan hasil monitoring pada Selasa (18/4/2023) kemarin.

"Sekitar 25 persen, tapi masih normal," kata Kepala Pospam Tempel, AKP Hari Untara saat dihubungi, Rabu.

Hari menyebut kenaikan volume kendaraan yang masuk maupun keluar DIY ini tak sampai menciptakan penumpukan di persimpangan Tempel. "Masih didominasi (kendaraan) plat AA sama AB," kata dia.

2. Ramai lancar di Prambanan

Sejumlah Pintu Masuk ke DIY Mulai Ramai PemudikArus lalu lintas di Prambanan, Sleman, Rabu (19/4/2023) siang. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Situasi serupa juga dilaporkan oleh petugas Pospam Prambanan, Sleman, di perbatasan timur DIY-Jateng. Meski mencatatkan peningkatan volume kendaraan, namun jumlahnya tak terlalu signifikan.

Kepala Pospam Prambanan AKP Sugiran menyebut antrean kendaraan sempat terpantau terjadi di Simpang Tiga Prambanan.

"Antre 12 baris kendaraan, tapi gak sampai macet. Ramai lancar lah," katanya saat dihubungi, Rabu.

Antrean kendaraan yang lebih panjang justru terjadi pada Selasa (18/4/2023) malam kemarin. Antrean kendaraan terpantau sekitar sepanjang 400 meter.

"Ada kalau 20 (baris) mobil. Tapi masih normal juga. Dominasi kendaraan dari kemarin masih AB dan AD. Tapi, yang dari luar itu (DIY-Jateng) ya ada, sedikit," klaimnya.

Baca Juga: Peningkatan Volume Pemudik Mulai Terlihat di Prambanan Sleman

3. Landai di Temon

Sejumlah Pintu Masuk ke DIY Mulai Ramai PemudikIlustrasi arus mudik (IDN Times/Auriga Agustina)

Adapun hasil pemantauan petugas pospam Temon, Kulon Progo, atau perbatasan sebelah barat DIY-Jateng yang mendapati situasi lebih landai ketimbang dua titik lainnya.

"Masih landai lancar, masih seperti hari-hari biasa," ungkap Kepala Pospam Temon AKP Agus Kusnendar saat dihubungi, Rabu.

Petugas ketiga pospam sejauh ini belum memberlakukan rekayasa lalu lintas, menimbang situasi arus kendaraan yang masih normal. Puncak arus mudik lebaran 2023 diprediksi kepolisian baru akan terjadi pada Kamis (20/4/2023) besok.

Baca Juga: PHRI DIY: Reservasi Hotel saat Libur Lebaran Baru 55 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya