Nikahan Kaesang, Plaza Ambarrukmo Tetap Buka Seperti Biasa

Nikahan Kaesang, Plaza Ambarrukmo Tetap Buka Seperti Biasa

Yogyakarta, IDN Times - Kepolisian memastikan pusat perbelanjaan Plaza Ambarrukmo (Amplaz) tetap akan buka sepanjang prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono di Pendopo Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022) besok.

"Amplaz tetap jalan biasa," kata Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (5/10/2022).

1. Masyarakat beraktivitas normal

Nikahan Kaesang, Plaza Ambarrukmo Tetap Buka Seperti BiasaPlaza Ambarrukmo. (IDN Times/Febriana Sinta)

Sebagai informasi, Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo atau Pendopo Ambarrukmo yang menjadi lokasi ijab kabul Kaesang-Erina terletak persis di timur Amplaz. Hanya jalan menuju akses parkir Amplaz saja yang memisahkan kedua bangunan itu.

Kendati Slamet memastikan masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasanya di pusat perbelanjaan tersebut pada Sabtu besok.

"Nanti masyarakat yang mau belanja ya belanja," terang Slamet.

Baca Juga: Sejumlah Hotel di DIY Lakukan Persiapan Jelang Pernikahan Kaesang

2. Kerahkan 500 anggota

Nikahan Kaesang, Plaza Ambarrukmo Tetap Buka Seperti BiasaKedaton Ambarrukmo (instagram.com/royalambarrukmo)

Polda DIY sendiri, lanjut Slamet, rencananya menerjunkan sebanyak 400 sampai 500 anggotanya guna mengamankan hari H nanti. Jumlah yang sama dikerahkan demi mengantisipasi berbagai macam situasi kala prosesi pra pernikahan di kediaman calon mempelai perempuan, Mlati, Sleman, sejak 8 Desember nanti.

Slamet berujar, tak ada penempatan personel secara khusus di lokasi tertentu selama rangkaian acara berlangsung. Para personel secara umum diterjunkan untuk mengamankan pasangan calon pengantin beserta rombongan keluarga, para tamu, dan masyarakat.

"Jadi pengamanan kita keseluruhan dari semua kegiatan itu berkisar 400-500 orang. Dari Ambarrukmo sampai rumah (calon mempelai perempuan)," imbuh Slamet.

3. Detail pengamanan tunggu rakorpam

Nikahan Kaesang, Plaza Ambarrukmo Tetap Buka Seperti BiasaKaesang Pangarep dan Erina Gudono ziarah ke makam Mangkunegara VI. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih jauh, Slamet mengatakan bahwa detail pengamanan, termasuk pengaturan lalu lintas nantinya masih akan dibahas lewat Rapat Koordinasi Pengamanan.

"Hari ini juga akan dilaksanakan, jadi timnya sudah ada sendiri yang menyelenggarakan rakorpam. Rakorpam hari ini, mungkin bisa disampaikan dari danrem selaku komandan pengamanan kegiatan itu," tandasnya.

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono dijadwalkan menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB mendatang.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal jadi saksi pernikahan keduanya.

Agenda ijab kabul kemudian dilanjutkan dengan acara panggih pengantin dan dahar tasyakuran.

Adapun rangkaian prosesi pernikahan Kaesang-Erina dimulai sejak Kamis (8/12/2022) diawali dengan agenda semaan quran dan pengajian. Sehari berselang adalah upacara adat midodareni yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), ayahanda calon mempelai laki-laki.

Sedangkan Kota Solo, Jawa Tengah menjadi lokasi acara ngunduh mantu Kaesang-Erina yang digelar, Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: Jelang Nikahan, Tetangga Erina Gudono Pasang Spanduk   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya