Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19 Rumah Sakit Sleman Bertambah  

Peningkatan pasien di rumah sakit terjadi 3 hari terakhir 

Sleman, IDN Times - Peningkatan jumlah pasien COVID-19 di sejumlah rumah sakit Kabupaten Sleman meningkat. Di antaranya RSUD Sleman dan Prambanan terjadi peningkatan selama tiga hari terakhir. 

1. Biasanya yang masuk rumah sakit maksimal 2 pasien

Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19 Rumah Sakit Sleman Bertambah  Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Direktur Utama RSUD Sleman, Novita Krisnaeni menjelaskan, rata-rata pasien COVID-19 yang dirawat maksimal dua pasien, namun mulai 4 Februari 2022 terdapat peningkatan. 

"Iya tiga hari ini ada peningkatan. Rata-rata sedang (gejalanya). Mulai tanggal 4 Februari 2022, terdapat tujuh pasien yang dirawat, pada 5 Februari 2022 ada delapan pasien dan pada 6 Februari 2022 terdapat 10 pasien," ungkapnya pada Senin (7/2/2022).

Novita menjelaskan, pihaknya menyediakan puluhan tempat tidur isolasi, baik untuk pasien kritikal maupun nonkritikal. Bagi pasien kritikal disediakan satu tempat tidur ICU dan empat tempat tidur IGD, sementara ruang isolasi nonkritikal telah disediakan 33 tempat tidur di antaranya untuk maternal.

2. Peningkatan pasien COVID-19 juga terlihat di RSUD Prambanan

Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19 Rumah Sakit Sleman Bertambah  Ilustrasi petugas medis yang menangani COVID-19 (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Tidak berbeda jauh, pasien COVID-19 di RSUD Prambanan juga mengalami lonjakan. Direktur Utama RSUD Prambanan, Wisnu Murti Yani mengungkapkan saat ini terdapat dua pasien yang menjalani isolasi. Pasien tersebut termasuk kategori ringan hingga sedang. 

"Ada peningkatan betul, tadinya nol tidak pernah ada (pasien). Pekan lalu terisi dua tempat tidur pasien COVID-19 probable varian Omicron. Saat ini dua pasien sudah membaik, dan sudah isolasi mandiri di bawah pengawasan puskesmas," terangnya.

Baca Juga: Lawan Barito, 15 Pemain PSS Sleman Terkena COVID-19 

Baca Juga: Lagi, Murid SD dan SMP di Sleman Tertular COVID-19    

3. RSUD Prambanan siapkan sejumlah rencana

Keterisian Tempat Tidur Pasien COVID-19 Rumah Sakit Sleman Bertambah  Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Wisnu menjelaskan, RSUD Prambanan menyediakan delapan tempat tidur isolasi untuk COVID-19 nonkritikal dan dua untuk pasien kritikal. Saat situasi memburuk dan membutuhkan tambahan tempat tidur isolasi, sejumlah bangsal akan diubah menjadi lokasi isolasi.

"Kita sediakan juga di Bangsal Candi Sambisari dan Bangsal Candi Ijo, sebanyak 12 tempat tidur.  Apabila masih membutuhkan akan ada perluasan di bangsal lain. Kita sudah membuat plan A dan B, kalau masih kurang ada plan C," paparnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya