Bupati Gunungkidul Salat Idul Fitri Bersama Para Pemudik 

Di Gunungkidul terdapat 936 lokasi Salat Idul Fitri

Gunungkidul, IDN Times - Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Safinatun Najah, salah satu masjid kampung yang tidak jauh dari rumahnya di Padukuhan Kwarasan Wetan, Kedung Keris, Nglipar, Gunungkidul. 

1. Datang lebih awal ke masjid untuk bertemu dengan pemudik

Bupati Gunungkidul Salat Idul Fitri Bersama Para Pemudik Bupati Gunungkidul Sunaryanta melaksanakan salat Idul Fitri.(doc.Diskominfo Gunungkidul)

Purnawirawan TNI AD tersebut mengaku sengaja berangkat pagi untuk bertemu dengan pemudik dan tetangga.

“Saya sengaja hadir lebih awal untuk bertemu dengan saudara yang pada mudik dan para tetangga,” ungkap Bupati, Sabtu (22/4/2023).

Usai mengikuti Salat Idul Fitri, bupati dan keluarga terlihat beramah tamah dengan jemaah lain. Tidak sedikit warga yang meminta berswa foto dengan orang nomor satu di Bumi Handayani tersebut. Bupati kemudian melanjutkan jalan kaki menuju rumah orangtua. 

 

2. Pentingnya berbakti pada orangtua

Bupati Gunungkidul Salat Idul Fitri Bersama Para Pemudik Bupati Gunungkidul Sunaryanta melaksanakan salat Idul Fitri.(doc.Diskominfo Gunungkidul)

Dalam khotbahnya, Arif Setyawan menyampaikan pentingnya berbakti kepada orangtua. Utamanya saat Lebaran seorang anak harus sungkem dan meminta maaf kepada orangtua sebagai perwujudan rasa sayang, dan bakti. "Sungkem itu wujud bakti pada orangtua," katanya.

Baca Juga: Jemaah Aolia Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari Kamis

3. Kementerian Agama Gunungkidul mencatat terdapat 936 titik penyelenggaraan Salat Idul Fitri

Bupati Gunungkidul Salat Idul Fitri Bersama Para Pemudik Bupati Gunungkidul Sunaryanta laksanakan salat Idul Fitri.(Dok.Istimewa)

Sementara Kantor Wilayah Kementerian Agama Gunungkidul mencatat terdapat 936 titik penyelenggaraan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan pada Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). 

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag Gunungkidul, Zuhdan Arif mengatakan, meski pelaksanaan tidak bersamaan namun Salat Idul Fitri di Kabupaten Gunungkidul berjalan dengan nyaman dan damai. 

“Pelaksanaan Salat Id ini mengambil tempat di masjid dan di lapangan. Merata di 18 kecamatan Kabupaten Gunungkidul,” paparnya.

Baca Juga: 5 Kafe untuk Buka Bersama di Gunungkidul, View-nya Keren

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya