6.785 Ekor Sapi di DIY Terpapar PMK, 58 Dipotong Paksa

Sapi perah di Sleman jadi prioritas vaksinasi

Kulon Progo, IDN Times - ‎Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta DIY menyebut ada 6.785 ekor sapi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayahnya. Dari jumlah itu sebanyak 768 dinyatakan sembuh dan 58 ekor sapi dipotong paksa.

"Wabah PMK memang bukan penyakit zoonosis atau tidak menular ke manusia namun demikian berpotensi mengganggu ekonomi dan sosial,"kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan DPKP DIY, Erna Rusmiyati, di sela acara Pencanangan Gerakan Vaksinasi PMK di Kulon Progo, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: 6 Kapanewon di Bantul Masuk Zona Merah PMK

1. DIY menerima 4.800 dosis vaksin PMK‎

6.785 Ekor Sapi di DIY Terpapar PMK, 58 Dipotong PaksaIlustrasi ternak sapi yang akan dipotong. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Menurut Erna, vaksinasi merupakan upaya pengendalian infeksi PMK terhadap ternak. Untuk tahap pertama, DIY mendapatkan 4.800 dosis vaksin PMK. Jumlah tersebut didistribusikan ke Kulon Progo dan Bantul masing-masing 300 dosis, Sleman 3.100 dosis, Gunungkidul 500 dosis, UPTD BPPTDK 400, dan Kota/UGM sebanyak 200 dosis.

"Terbanyak vaksin PMK di Sleman sebab ada peternakan sapi perah dan menjadi prioritas utama vaksinasi PMK," ujarnya.

2. Sebanyak 287 ekor ternak di Kulon Progo dinyatakan sembuh

6.785 Ekor Sapi di DIY Terpapar PMK, 58 Dipotong PaksaVaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada ternak sapi di Kulon Progo. (Dok. Kominfo Kulon Progo)

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kulon Progo, Muh Aris Nugroho mengatakan hingga saat ini 659 ternak terpapar PMK, 287 diantara sudah sembuh.

"Kesembuah ternaka yang terpapar PMK cukup bagus dan ternak yang terpapar PMK hanya 0,35 persen dari total poluasi ternak yang mencapai 187.745 ekor. Terdiri dari sapi, kambinga dan domba,"ucapnya.

3. Vaksin PMK menyasar ternak sapi perah dan ternak di zona hijau‎

6.785 Ekor Sapi di DIY Terpapar PMK, 58 Dipotong PaksaVaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada ternak sapi di Kulon Progo. (Dok. Kominfo Kulon Progo)

Kulon Progo sendiri mendapatkan kuota vaksin PMK mencapai 300 dosis dan tahap awal diberikan kepada ternak Ngudi Makmur Bendungan. Target vaksin yang ada akan habis pada Rabu (29/6/2022) besok. Vaksinasi tahap pertama sebenarnya menyasar kepada sapi perah kemudian ternak yang berada di zona hijau bukan sapi potong.

"Kalau tidak ada sapi perah maka vaksinasi diberikan kepada ternak yang berada di zona hijau serta bukan sapi untuk segera dipotong," ucapnya.‎

Baca Juga: Pemkab Kulon Progo Tak Ajukan Permohonan Vaksin PMK

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya