Comscore Tracker

Viral Penumpang Terjepit Pintu KA Bandara YIA, Ini Kronologinya

Sempat terjadi kepanikan

Yogyakarta, IDN Times - Viral di media sosial sebuah video menunjukkan penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) terjepit pintu kereta. Terjepitnya bagian kepala penumpang tersebut sempat menimbulkan kepanikan penumpang lainnya.

Diketahui kejadian tersebut dialami penumpang KA Bandara YIA Nomor 7067B relasi Stasiun Yogyakarta−Stasium Bandara YIA, Selasa (16/5/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Dari video yang beredar di akun TikTok @lolllyyyy4, setelah terjepit tidak berselang lama, penumpang tersebut bisa lepas dengan dibantu penumpang lainnya.

1. Dapat ditangani segera

Viral Penumpang Terjepit Pintu KA Bandara YIA, Ini KronologinyaKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Humas Railink, Riesta Junianti mengucapkan permohonan maaf atas kejadian yang dialami salah satu penumpang kereta bandara YIA tersebut. Diketahui penumpang tersebut terjeput saat akan turun di stasiun bandara YIA.

"Atas bantuan penumpang lainnya dan kesigapan petugas stasiun Bandara YIA, segera pintu tersebut di buka kembali untuk membebaskan penumpang," kata Riesta, Rabu (17/5/2023).

2. Kronologi dan kondisi penumpang

Viral Penumpang Terjepit Pintu KA Bandara YIA, Ini KronologinyaKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Riesta mengatakan, selain menyayangkan adanya kejadian tersebut, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Daop 6 Yogyakarta guna melihat terkait kemungkinan adanya aspek malfungsi teknis ataupun aspek kelalaian pada sumber daya manusia.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas stasiun, penumpang mengakui kesalahannya, karena sudah mencoba memaksa membuka pintu kereta yang belum terbuka sempurna, dan setelah dilakukan pemeriksaan medis di Pos Kesehatan di stasiun Bandara YIA Penumpang tersebut menyatakan tidak ada keluhan sakit atau luka di area tubuh yang hampir terjepit. 

"Untuk selanjutnya penumpang tersebut kemudian diizinkan melanjutkan perjalanan menuju ke dalam Bandara YIA untuk naik pesawat," kata dia.

Baca Juga: PT KAI Daop 6 Jogja Tambah 2 Kereta Baru, Ada Tiket Promo Bulan Juni  

3. Imbauan kepada penumpang KA Bandara

Viral Penumpang Terjepit Pintu KA Bandara YIA, Ini KronologinyaKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Riesta berharap meski dalam kondisi terburu-buru hendaknya agar penumpang dapat lebih berhati-hati. "Memperhatikan pintu kereta yang belum terbuka, untuk tidak langsung keluar sebelum kereta berhenti dan sampai pintu terbuka sempurna," kata dia.

Diharap juga agar penumpang senantiasa memperhatikan imbauan/announcement dari petugas di atas KA ataupun memperhatikan suara alarm pada pintu kereta sebagai peringatan pintu kereta akan terbuka atau tertutup.

"Sekali lagi atas nama KA Bandara, kami mengucapkan permohonan maaf dan akan terus melakukan perbaikan pelayanan dan lebih antisipatif agar hal tersebut tidak terulang kembali, dan sampai saat ini kami terus menelusuri internal terkait sistem KA Bandara untuk mengetahui masalah pada penutupan pintu kereta," ujar Riesta. 

Baca Juga: KA Bandara Xpress hanya 35 Menit Menuju Bandara YIA 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya