Komunitas Cermat Demokrasi Bantu Pemulung Peroleh Hak Pemilu 2024

Ditemukan pemulung belum miliki KTP

Sleman, IDN Times - Perkumpulan Anak Muda Peduli Pemilu dan Demokrasi yang tergabung dalam Komunitas Cermat Demokrasi menyosialisasikan pemenuhan hak sipil dan politik bagi warga Glendongan, Tambakbayan, Caturtunggal, Sleman. Sosialisasi dilakukan sebagai bagian dari proses advokasi kepada warga yang berprofesi sebagai pemulung untuk mendapatkan hak-hak sipil dan politiknya sebagai warga negara.

1. Dorong para pemulung mendapatkan hak sipil dan politik

Komunitas Cermat Demokrasi Bantu Pemulung Peroleh Hak Pemilu 2024Kegiatan Komunitas Cermat Demokrasi. (Dok. Istimewa)

Mereka membantu untuk mendapatkan KTP dan terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2024. Sosialisasi berlangsung sebanyak dua kali, pertama, dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2023 kepada 20 warga bermata pencaharian sebagai pemulung yang tinggal di Glendongan.

"Selama bulan Juni, kami merencanakan kegiatan Festival Pinggiran Yogyakarta dan public hearing dengan menghadirkan jajaran pemerintahan Kabupaten Sleman dan KPU," kata Ketua Program Advokasi Warga Pemulung, Rais Assad Faiz.

Selain itu, Komunitas Cermat Demokrasi mengajak peserta sosialisasi untuk lebih peduli dan aktif menyuarakan hak sipil dan politiknya sebagai warga negara. Acara tersebut ditutup dengan pendataan terkait permasalahan sosial, kesehatan, dan identitas kewarganegaraan.

2. Menemukan warga yang belum memiliki KTP

Komunitas Cermat Demokrasi Bantu Pemulung Peroleh Hak Pemilu 2024Kegiatan Komunitas Cermat Demokrasi. (Dok. Istimewa)

Rais mengatakan setelah melakukan pendataan, ditemukan terdapat warga yang berprofesi sebagai pemulung belum memiliki kartu identitas KTP. "Data ini yang nanti akan kita bawa dalam public hearing dengan pemerintah Kabupaten Sleman dan KPU untuk dibahas bersama," ujar Rais.

Acara kedua kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2023 di Balai Padukuhan Tambakbayan, Caturtunggal, Sleman. Acara sosialisasi kedua ini ditujukan kepada pihak pemerintahan Desa Caturtunggal dan petugas pemilu tingkat kecamatan dan desa. Hadir dalam acara tersebut perwakilan perangkat Desa Caturtunggal, Dukuh Tambakbayan, Ketua RW, Ketua RT, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa, PPK, dan PPS.

Baca Juga: Pakar UGM: Sistem Pemilu Masih Bisa Diubah ke Proporsional Tertutup

Baca Juga: 10 Artis Muda Ini Bergabung ke Partai Politik di Pemilu 2024

3. Minta petugas pemilu dan perangkat desa aktig mengawal hak politik warga

Komunitas Cermat Demokrasi Bantu Pemulung Peroleh Hak Pemilu 2024Kegiatan Komunitas Cermat Demokrasi. (Dok. Istimewa)

Dalam sosialisasi kedua ini Cermat Demokrasi mengajak pihak pemerintahan desa dan petugas pemilu untuk turut aktif mengawal hak pilih warga terutama bagi kelompok rentan. Pemenuhan hak sipil dan politik yang adil adalah indikator suatu negara yang demokratis. 

"Masyarakat memiliki hak untuk hidup layak dan merasakan perlakuan adil dari pemerintah dan institusi sosial tanpa kecuali. Mereka juga berhak untuk berpartisipasi aktif dalam proses politik, mengemukakan pendapat, dan mempengaruhi kebijakan publik," ucap Ketua Cermat Demokrasi, Andhika Irfan.

Baca Juga: Generasi Muda Jangan Cuma Jadi Pemilih di Pemilu 2024

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya