Urai Kemacetan, Jalan Pusat Oleh-oleh Bakpia Pathuk Dibuat Searah 

Ruas jalan di Kota Yogyakarta tidak panjang

Yogyakarta, IDN Times - Ruas jalan pusat oleh-oleh bakpia di Kota Yogyakarta di Jalan KS Tubun atau sering disebut jalan Bakpia Pathuk mulai diberlakukan searah. "Perubahan aturan ini rencananya diberlakukan hingga 10 Mei," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif, Rabu (4/5/2022). 

1. Kemacetan sering terjadi di pusat oleh-oleh bakpia

Urai Kemacetan, Jalan Pusat Oleh-oleh Bakpia Pathuk Dibuat Searah Pusat oleh- oleh bakpia pathuk atau Jalan KS Tubun Yogyakarta / Antara

Pengguna jalan hanya bisa melintas satu arah ke arah timur untuk mengurangi potensi kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di pusat penjualan bakpia.

"Rambu-rambu untuk perubahan arus menjadi searah tersebut sudah disiapkan di lapangan sehingga diharapkan pengguna jalan mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan," katanya dikutip Antara. 

 

2. Kemacetan juga terjadi di Jalan Ibu Ruswo dan Mantrigawen

Urai Kemacetan, Jalan Pusat Oleh-oleh Bakpia Pathuk Dibuat Searah Ilustrasi macet (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain Jalan KS Tubun, sejumlah ruas jalan yang berpotensi mengalami kepadatan volume kendaraan selama libur Lebaran di antaranya di Jalan Ibu Ruswo dan Jalan Mantrigawen.

"Ada pula di simpang tiga sisi selatan Jalan Pangurakan. Ada potensi pertemuan arus kendaraan dari tiga sisi jalan yang berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas karena tidak ada lampu lalu lintas di simpang tersebut," katanya.

Baca Juga: Wisata Pantai Jadi Tempat Favorit Wisatawan Selama Libur di Jogja     

3. Ruas jalan Kota Yogyakarta tidak panjang

Urai Kemacetan, Jalan Pusat Oleh-oleh Bakpia Pathuk Dibuat Searah ilustrasi macet (unsplash.com/ Nabeel Syed)

Manajemen lalu lintas dibutuhkan karena kapasitas dan ruang jalan di Kota Yogyakarta terbatas hanya memiliki panjang sekitar 202 kilometer.

"Arus lalu lintas akan ditutup saat volume kendaraan yang masuk di Kota Yogyakarta sudah terlalu padat. Arus akan kembali dibuka jika lalu lintas dinilai kembali lancar. Jadi sangat situasional, menyesuaikan kondisi di lapangan," katanya.

Baca Juga: Sejumlah Jalan di Jogja Diprediksi Macet hingga Akhir Pekan 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya