Peserta ASEAN Tourism Forum Dapat Paket Wisata Gratis di Jogja

Jogja jadi tuan rumah Asean Tourism Forum (ATF)

Yogyakarta, IDN Times -Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tuan rumah gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 pada bulan Februari mendatang.
Panitia ATF 2023 menyiapkan sejumlah paket perjalanan wisata gratis bagi para buyer atau peserta dari berbagai negara untuk mengeksplorasi destinasi wisata di DIY.

Sekretaris Panitia Pelaksana ATF 2023, Bobby Ardianto, menjelaskan paket wisata gratis bagi para delegasi akan disediakan dalam "pre-tour" dan "post-tour" di sela pertemuan ATF 2023 pada 2-5 Februari 2023 di Jogja.

"Untuk 'pre tour' nanti pada tanggal 2 Februari ada tiga paket tur yang akan dikunjungi para 'buyer' atau delegasi yang sifatnya wajib dan itu gratis," kata Bobby, Selasa (17/1/2023).

1. Paket wisata gratis diawali eskplorasi sumbu filosofi

Peserta ASEAN Tourism Forum Dapat Paket Wisata Gratis di JogjaPotret Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (instagram.com/ullensentalu)

Bobby menambahkan untuk paket pertama "pre tour", diawali dengan eksplorasi sumbu filosofi Yogyakarta, mulai dari kunjungan ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Taman Sari Yogyakarta ditutup makan malam di salah satu hotel di Kota Yogyakarta.
Kemudian, kata Bobby, untuk paket kedua, para pelaku wisata dari berbagai negara diajak mengunjungi kawasan kerajinan perak dan kampung wisata di Kota Gede, Yogyakarta, diakhiri makam malam di HEHA Sky View di Gunung Kidul.

"Paket ketiga akan makan siang dulu di Desa Wisata Nanggring, Sleman binaan Bank Indonesia (BI), kemudian dari Nanggring ke Museum Ullen Sentalu dan ke Sentra Jamu Gendong di Sleman dan makan malam di Gudeg Yu Djum," ujar Bobby dikutip Antara.

2. Paket wisata gratis juga disediakan setelah ATF selesai

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyatakan peserta kembali disediakan paket wisata gratis setelah pertemuan ATF atau "post tour" yang akan dilaksanakan pada 6 Februari 2023. Menurut Bobby, paket terakhir itu didukung penuh oleh masing-masing dinas pariwisata di Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Bantul, Sleman, dan Gunungkidul.

"Semuanya free buat buyer yang masuk kuota 'post tour' itu. Mereka eksten kurang lebih ada yang dua malam dan tiga malam di DIY untuk mengikuti itu," ujarnya.

Menurut Bobby, momentum tersebut, merupakan kesempatan masing-masing pengelola destinasi wisata di lima kabupaten/kota bertemu para buyer dengan menunjukkan kelebihan masing-masing.

Hanya, kata Bobby, untuk "post tour" sifatnya tidak wajib sehingga para peserta ATF bisa memilih melakukan perjalanan wisata secara mandiri atau membeli paket wisata berbayar yang ditawarkan anggota Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Baca Juga: Jogja Jadi Tuan Rumah Forum Pariwisata Asean (ATF) 2023

Baca Juga: Berlibur Sambil Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

3. Paket berbayar, buyer bisa tambah lima destinasi wisata super prioritas

Peserta ASEAN Tourism Forum Dapat Paket Wisata Gratis di JogjaWisata Labuan Bajo (dok. Kemenparekraf)

Bobby menambahkan tentang paket berbayar yang disediakan anggota Asita. Paket itu merambah pada lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

"Ada yang ke Danau Toba, ada yang ke Labuan Bajo karena ATF ini tidak hanya momentum untuk Jogja," katanya.

Dengan adanya ATF 2023 di DIY, relevan dengan target DIY sebagai destinasi wisata terkemuka di Asia Tenggara pada 2025. "Mau tidak mau, suka tidak suka bagaimana pun destinasi pariwisata di DIY sudah harus memiliki kesadaran meningkatkan kualitasnya dengan standar pelayanan internasional," katanya.

Baca Juga: Yuk, Jalan-jalan di Kampung Wisata di Kawasan Keraton Yogyakarta   

Baca Juga: Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya