Comscore Tracker

Pemda DIY Rilis Peta Persebaran COVID-19 

Selalu terapkan perilaku hidup bersih ya

Pemda DIY merilis peta persebaran Covid-19 melalui website dan akun instagram resmi pada Rabu (18/3). 

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih mengatakan peta persebaran diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan. 

“Harapan kami dapat dijadikan kewaspadaan kita bersama. Tetapi ini tidak menunjukkan zona merah. Karena secara epidemiologis wilayah DIY ini adalah wilayah yang padat, tidak terpisahkan, sehingga jangan dimaknai bahwa hanya kecamatan yang ada kasus yang perlu waspada,” ujar Berty, Rabu (18/3). 

 

Baca Juga: Salah Satu Guru Besar UGM Positif Tertular Covid-19

1. Jangan panik

Pemda DIY Rilis Peta Persebaran COVID-19 Update informasi corona di DIIY per 18 Maret Instagram/humasjogja

Berty mengimbau kepada seluruh masyarakat DIY agar tidak panik dengan diinformasikannya persebaran tersebut. Masyarakat sebaiknya mengurangi untuk beraktivitas di luar rumah, serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan meningkatkan stamina.

"Harapan kami semua masyarakat di DIY tetap waspada dan tidak panik, tetapi mengikuti arahan bapak Gubernur. Tidak keluar rumah, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, 

2. Peta memuat jumlah pasien positif, dan dalam pengawasan

Pemda DIY Rilis Peta Persebaran COVID-19 Peta persebaran corona di DIY

Peta persebaran Covid-19 yang dirilis berisi jumlah kasus yang terjadi di DIY. Baik kasus positif COVID-19, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan. 

Dalam peta ditulis jumlah kasus yang ditangani rumah sakit rujukan di DIY, jenis kelamin, umur, serta kecamatan tempat tinggal pasien. 

3. Peta persebaran ditandai dengan tiga warna

Pemda DIY Rilis Peta Persebaran COVID-19 Seorang pria yang diketahui mengalami gejala-gejala virus corona mengisi formulir bantuan di Rumah Sakit Government Gandhi Hospital. AP Photo

Dalam peta persebaran ditandai dengan tiga warna. Warna merah adalah untuk kecamatan asal pasien positif COVID-19, warna biru untuk menandai wilayah ODP, dan warna kuning untuk menandai wilayah asal pasien PDP.

Peta persebaran COVID-19 dapat dilihat di sini ya http://corona.jogjaprov.go.id/map-covid-19-diy

Baca Juga: Ngeri, Pengguna Tik Tok Ini Rela Jilat Toilet demi Challenge Corona

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya