Maaf, Malioboro Ditutup...

Penutupan dilakukan untuk uji coba penataan transportasi

Yogyakarta, IDN Times- Jelang penutupan jalan di Malioboro yang akan dilakukan Selasa (18/6), Dinas Perhubungan hari ini Senin (17/6) memasang rambu petunjuk jalan, hal ini untuk memudahkan pengguna jalan selama masa penutupan.

Jalan Malioboro mulai ditutup untuk umum mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB, penutupan yang dilalukan setiap hari Selasa Wage ini untuk uji coba Malioboro menuju kawasan semi pedestrian.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapta Rahardja mengungkapkan selama uji coba bebas kendaraan bermotor , jalan sirip di sekitar Malioboro tidak akan ditutup 100%.

"Masih bisa melintas di depan DPRD, Malioboro Mall langsung belok ke Jalan Dagen.  Jalan Suryatmajan atau Selatan Kantor Gubernur DIY sampai Jalan Pajeksan, masih bisa dilalui.  " jelas Sigit saat ditemui beberapa saat lalu, Kamis (13/^). 

Baca Juga: 4 Cara Malioboro Bebas Kendaraan jadi Daya Tarik 

1. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Maaf, Malioboro Ditutup...Instagram/Humas Pemda DIY

Beberapa ruas jalan di sekitar Malioboro yang akan mengalami perubahan antara lain, Jalan Sosrowijayan yang biasanya digunakan dari arah timur ke barat, kali ini diubah hanya diperbolehkan dari arah barat ke timur. Sedangkan Jalan Dagen dibuat satu arah dari timur ke barat.

Sedangkan penggal Jalan Sosrowijayan dan Dagen, akan digunakan untuk lalu lintas kendaraan pribadi dari arah utara ke selatan. 

Sementara itu untuk mengoptimalkan logistik atau pengiriman barang toko dan pedagang kaki lima, pengiriman diharuskan melintasi jalan Suryatmajan, Dagen, Sosrowijayan, dan Pajeksan. 

2. Area parkir pengunjung Malioboro

Maaf, Malioboro Ditutup...Instagram/Humas Pemda DIY

Terdapat beberapa area parkir yang dapat digunakan di sekitar kawasan Malioboro, yaitu:

1. Area parkir Abu Bakar Ali 

2. Jalan Pajeksan (berada di sebelah barat jalan malioboro, berada di belakang Toko Ramai)

3. Parkir bus Ngabean (terletak di Jalan Wachid Hasyim) 

4. Parkir Sriwedari (terletak di depan Taman Pintar) 

5. Parkir Pasar Beringharjo

6. Parkir di dalam Stasiun Tugu 

7. Daerah Ketandan (sebelah tenggara Malioboro)

3. Hanya becak, andong dan Trans Jogja yang boleh masuk Malioboro

Maaf, Malioboro Ditutup...IDN Times/febriana sinta

Untuk mengoptimalkan uji coba penataan transportasi di kawasan Malioboro, hanya beberapa transportasi umum saja yang diperbolehkan melintas. Yaitu, becak,  andong, Trans Jogja, Ambulance, Damkar, kendaraan kebersihan, dan mobil dinas tertentu.

 

Baca Juga: Pemda DIY Janji Libatkan PKL untuk Wujudkan Malioboro Semi Pedestrian

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya