Comscore Tracker

Kabupaten Sleman Dominasi Kasus Positif dan Sembuh COVID-19 di DIY

77 pasien dinyatakan sembuh dalam satu hari

Kota Yogyakarta, IDN Times - Jumlah kesembuhan pasien positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (5/10/2020) bertambah sebanyak 77 orang. Sehingga akumulasi pasien yang sembuh dari COVID-19 menjadi 2.123 orang.

Berdasarkan wilayah domisili, pasien sembuh berasal dari Kota Yogyakarta sebanyak lima orang, empat orang dari Kabupaten Bantul, serta 68 orang dari Kabupaten Sleman,” kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih pada Senin (5/10.2020).

 

 

1. Tambahan kasus positif sebanyak 22

Kabupaten Sleman Dominasi Kasus Positif dan Sembuh COVID-19 di DIYWarga mengenakan masker berfoto di depan mural karya anak Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain tambahan jumlah pasien sembuh, Berty menyatakan terdapat tambahan kasus positif sebanyak 22, sehingga jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.813 kasus.

“Berdasarkan domisili, penambahan kasus positif terbanyak dari Sleman yaitu 21 kasus, dan satu kasus asal Kabupaten Kulon Progo. 

Baca Juga: Tak Ingin Buat Susah, Sultan Minta Warga Adaptasi di Tengah Pandemik  

2. Laboratorium hari ini memeriksa 457 sampel

Kabupaten Sleman Dominasi Kasus Positif dan Sembuh COVID-19 di DIYMahasiswa UGM saat melakukan riset di laboratorium. Dok: Humas UGM

Sementara itu berdasarkan riwayat kasusnya, 12 kasus hasil tracing kontak positif, satu kasus pelaku perjalanan, tujuh kasus periksa mandiri, satu kasus skrining pasien, dan satu kasus masih dalam penelusuran.

Tambahan kasus hari ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium di DIY terhadap 457 sampel spesimen dari 436 orang.

3. Data rumah sakit rujukan

Kabupaten Sleman Dominasi Kasus Positif dan Sembuh COVID-19 di DIYTenaga kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) mengambil tes swab dari pekerja pabrik tepung, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di desa Moriya pinggiran kota Ahmedabad, India, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Berdasarkan data dari rumah sakit rujukan, total jumlah suspek COVID-19 hingga hari ini tercatat 12.910 orang. Dari jumlah suspek tersebut, 2.813 orang terkonfirmasi positif di mana 2.123 orang di antaranya sembuh dan 75 orang meninggal.

Sedangkan data tempat tidur pasien critical digunakan sebanyak 28 dari ketersediaan 48 bed. “Sedangkan untuk tempat tidur pasien non-critical tersisa 239 dari 404 bed yang disediakan.”

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Rentan Kena COVID, PKL Lansia di Malioboro Diminta Tak Jualan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya