Comscore Tracker

Jokowi Ingatkan Warga Hindari Pulang ke Rumah pada Tanggal 6-8 Mei  

Pemerintah memprediksi 6-8 Mei puncak arus balik Lebaran

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo memperingatkan pemudik untuk tidak pulang dari kampung halaman secara bersamaan, yaitu pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022. Pada tanggal ini pemerintah memprediksi terjadi puncak arus balik Lebaran 2022. 

 

1. Hindari kepadatan saat arus balik

Jokowi Ingatkan Warga Hindari Pulang ke Rumah pada Tanggal 6-8 Mei  Volume kendaraan arus mudik Tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim jelang Lebaran 2022. (ANTARA/Aji Styawan)

Menurut Jokowi, jika para perantau pulang di saat tanggal puncak mudik, dipastikan akan mengalami kemacetan atau kepadatan saat di jalan raya.

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6,7 dan 8 Mei 2022. Untuk menghindari kepadatan arus balik agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau dan mengajak bapak, ibu dan saudara sekalian yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," tutur Jokowi yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretarian Presiden, Selasa (3/5/2022) dari Gedung Agung  Yogyakarta.  

2. Pemerintah tetap lakukan sistem one way

Jokowi Ingatkan Warga Hindari Pulang ke Rumah pada Tanggal 6-8 Mei  Presiden jokowi mengajak pemudik menghindari pulang saat puncak arus balik / Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Untuk arus balik, pemerintah tetap memberlakukan manajemen satu arah atau one way serta larangan truk masuk jalan tol. 

"Pemerintah akan selalu berupaya mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Aturan satu arah, atau manajemen one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," katanya. 

   

Baca Juga: Presiden Jokowi Klaim Arus Mudik Tahun Ini Berjalan Lancar  

3. Ingatkan pekerja kembali bekerja tepat waktu

Jokowi Ingatkan Warga Hindari Pulang ke Rumah pada Tanggal 6-8 Mei  Ilustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para pekerja pulang tepat waktu sesuai izin yang telah didapatkan dari perusahaan untuk berlibur di kampung halaman.  

"Jika pulang sesudah prediksi puncak arus balik, tentunya sesuai dengan izin yang didapat dari tempat kerja," kata Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Bagi Sembako di Jogja, Beberapa Warga Terima Uang Rp200 Ribu  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya