Jokowi Datang ke Keraton Jogja, Ini yang Dibicarakan dengan Sultan 

Jokowi datang bersama Iriana dan Kaesang Pangarep

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung Keraton Jogja untuk bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X dan keluarga.

Presiden yang didampingi putra bungsu, Kaesang Pangarep tiba di Keben Keraton sekitar pukul 09.00 WIB, langsung disambut oleh empat putri Raja Keraton Jogja, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, serta GKR Hayu, GKR Bendara, beserta menantu KPH Purbodiningrat, KPH Notonegoro, dan KPH Yudonegara.

1. Jokowi bertemu Sri Sultan selama 30 menit

Jokowi Datang ke Keraton Jogja, Ini yang Dibicarakan dengan Sultan Presiden Jokowi sowan atau bertemu sri Sultan HB X di Keraton Jogja / Humas Pemda DIY

Selama 30 menit, rombongan Presiden Jokowi bertemu Sri Sultan yang didampingi permaisuri, GKR Hemas dan keluarga. Kepada wartawan yang menunggu di luar Keraton Jogja, Jokowi mengatakan Sri Sultan merupakan orang dan keluarga yang pertama kali dikunjungi saat Lebaran tahun ini.

"Idul Fitri tahun ini saya berada di Jogja, yang pertama kali kami kunjungi untuk silaturahmi dan mengaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin pada Pak Sultan, Ngarsa nDalem beserta Ibu Ratu (GKR Hemas) dan keluarga," tutur Jokowi, Senin (02/05/2022)

Jokowi juga memastikan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di seluruh provinsi di Indonesia berjalan dengan baik. "Kami pantau perayaan Idul Fitri di semua kota, dan seluruh provinsi berjalan baik," kata Jokowi.

2. Kunjungan Jokowi ke Keraton Jogja tidak membicarakan politik

Jokowi Datang ke Keraton Jogja, Ini yang Dibicarakan dengan Sultan Presiden Jokowi sowan atau bertemu sri Sultan HB X di Keraton Jogja / Humas Pemda DIY

Sementara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Jogja, Sri Sultan HB X mengungkapkan kedatangan Jokowi ke keraton merupakan kegiatan  silaturahmi dan tidak menyinggung masalah ekonomi maupun politik.

"Tidak ada hal yang dibicarakan yang penting mengenai politik, ekonomi juga enggak. Kita hanya silaturahmi," ujar Sri Sultan.

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Fitri di Gedung Agung Bersama Warga Jogja 

3. Jokowi hari ini Salat Id bersama warga Jogja

Jokowi Datang ke Keraton Jogja, Ini yang Dibicarakan dengan Sultan Presiden Jokowi saat Salat Idul Fitri di halaman Gedung Agung Yogyakarta / Humas Pemda DIY

Tahun ini Jokowi menunaikan Salat Idul Fitri di Gedung Agung Yogyakarta. Tak hanya keluarga dan pejabat, beberapa warga yang menunggu di luar tempat Salat Id juga diperbolehkan masuk dan bergabung dengan Jokowi.

Sebelumnya pada hari Sabtu (30/4/2022) dan Minggu (1/5/2022), Jokowi juga membagikan ribuan paket sembako kepada warga Jogja. Pembagian dilakukan  di halaman Gedung Agung, Pasar Serangan, serta teras Malioboro 2, yaitu tempat pedagang kaki lima (PKL) Malioboro berdagang.

Baca Juga: Jokowi Bagi Sembako di Jogja, Beberapa Warga Terima Uang Rp200 Ribu  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya