Ini 5 Langkah Sri Sultan Amankan Jogja dari Klitih  

Murid SMA Muhammadiyah 2 Jogja tewas terkena gir di wajah

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X mengeluarkan perintah pencegahan dan penanganan kejahatan jalanan. Surat yang dikeluarkan Kamis (7/4/2022) nomor 050/5082, Sri Sultan meminta Bupati dan Walikota untuk melakukan lima langkah untuk meminimalkan timbulnya kejahatan. 

1. 5 langkah yang harus segera dilakukan

Ini 5 Langkah Sri Sultan Amankan Jogja dari Klitih  Ilustrasi kekerasan di jalanan. (Pixabay/Republica)

Dalam surat tersebut, Sri Sultan meminta kepada bupati dan wali kota untuk melakukan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua LPMK, kampung, RW, RT, PKK, karang taruna, dan lain-lain untuk menyosialisasikan kepada warga tentang pentingnya setiap keluarga untuk mengetahui keberadaan anggota keluarganya.

Langkah kedua, menginisiasi aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi remaja. Ketiga,  menggiatkan patroli lingkungan dengan melibatkan potensi linmas dan Jagawarga pada lingkungan masing-masing.

Baca Juga: Badran Trending Topik Twitter, Warga Tangkap Terduga Pelaku Klitih    

2. Meminta TNI/Polri untuk memantau pergerakan saat tengah malam

Ini 5 Langkah Sri Sultan Amankan Jogja dari Klitih  Ilustrasi patroli petugas polisi. (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Langkah keempat adalah bekerja sama dengan TNI/Polri untuk memantau pergerakan kumpulan massa yang masih beraktivitas hingga lewat tengah malam. Kelima, menganggarkan aktivitas pencegahan dan penanganan kejahatan jalanan dalam APBD masing-masing kabupaten dan kota di DIY.

Baca Juga: Gegara Klitih, Lagi-lagi Jogja Trending Topic Twitter  

3. Klitih tewaskan murid XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Daffa Adzin Albasith

Ini 5 Langkah Sri Sultan Amankan Jogja dari Klitih  Ilustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Surat edaran yang dikeluarkan Sri Sultan tersebut sebagai respon terjadinya kejahatan jalanan atau klitih yang menewaskan seorang murid  XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Daffa Adzin Albasith pada Minggu lalu. Korban terkena hantaman gir di bagian wajah dan akhirnya meninggal dunia setelah dirawat di RS Hardjolukito. 

Tak hanya kejahatan jalanan, tagar Jogja dengan kejadian klitih ramai dibicarakan oleh warganet bahkan menjadi trending topik di Twitter.   

Baca Juga: Jadi Korban Klitih, Siswa SMA di Yogyakarta Meninggal Dunia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya