Beralih Naik Mobil, Penumpang Terminal Giwangan Diperkirakan Turun  

Jumlah bus mudik gratis juga berkurang

Yogyakarta, IDN Times - Jumlah penumpang bus yang turun di Terminal Giwangan saat Lebaran tahun ini mengalami penurunan dibanding 2019. Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta memperkirakan penurunan disebabkan banyaknya pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Penurunan jumlah penumpang juga terlihat dari bus mudik gratis yang akan tiba di Terminal Giwangan yang berasal dari Pemerintah DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan, masing-masing berjumlah 40 bus dan 46 bus.

"Jauh berkurang dibanding kedatangan mudik gratis pada 2019 yang totalnya bisa menyampai sekitar 200 ," ujar Bekti, Selasa (26/4/2022).

 

1. Jumlah penumpang yang datang di Giwangan sebanyak 2.877 orang per hari

Beralih Naik Mobil, Penumpang Terminal Giwangan Diperkirakan Turun  Ilustrasi Terminal Giwangan Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Walau mengalami penurunan, jumlah penumpang yang tiba hari Senin (25/4/2022), tercatat sebanyak 2.877 orang atau naik dibandingkan di hari biasa yaitu sekitar 1.500 orang per hari.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (30/4/2022), tetapi saya belum bisa menghitung perkiraan jumlah penumpangnya. Kami akan lihat dalam dua atau tiga hari ini," kata Bekti dikutip Antara.

2. Sebanyak 3 bus tambahan telah diberangkatkan

Beralih Naik Mobil, Penumpang Terminal Giwangan Diperkirakan Turun  Ilustrasi terminal (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Saat ini bus tambahan mulai diberangkatkan menuju Pulau Sumatra. Terdapat tiga bus yang akan mengangkut pemudik menuju Lampung, Padang dan Jambi. 

"Awal pekan ini sudah ada tiga bus tambahan yang diberangkatkan. Semua tujuan Sumatera, terlebih tujuan penumpang cukup jauh hingga ke beberapa daerah di Pulau Sumatera seperti Lampung, Padang, dan Jambi," kata Bekti.

 

Baca Juga: Pemkab Bantul Kandangkan Mobil Dinas saat Libur Lebaran

3. Selain Sumatera, penumpang terbanyak berangkat ke Surabaya dan Cilacap

Beralih Naik Mobil, Penumpang Terminal Giwangan Diperkirakan Turun  IDN Times/Irfan Fathurohman

Selain tujuan Sumatera, peningkatan jumlah penumpang yang diberangkatkan juga terjadi untuk tujuan beberapa kota di Jawa khususnya Surabaya, Cilacap, dan Purwokerto.

"Untuk trayek ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat juga mulai menunjukkan peningkatan jumlah penumpang tetapi masih bisa diangkut menggunakan armada reguler yang ada," katanya.

Pada Senin (25/4/2022), penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta menggunakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) tercatat sebanyak 3.496 penumpang.

Baca Juga: 30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke Gunungkidul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya