Pencuri di Kulon Progo 'Tukar' Supra X 125 dengan Motor Butut

Sepeda motor digasak saat korban sedang mencari rumput

Kulon Progo, IDN Times - ‎Kasus pencurian sepeda motor atau curanmor yang terjadi di Kulon Progo ini tak lazim. Pencuri nekat menggasak sepeda motor Honda Supra X 125 yang ditinggal pemiliknya mencari rumput dan meninggalnya sepeda motor bututnya.

"Iya memang ada kasus pencurian sepeda motor dan pelaku meninggalkan sepeda motor untuk korban," kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Gelapkan Sepeda Motor, Pasutri di Kulon Progo Ditangkap Polisi

1. Kronologi curanmor, pelaku tinggalkan motor butut untuk korban‎

Pencuri di Kulon Progo 'Tukar' Supra X 125 dengan Motor BututPelaku curanmor diduga meninggalkan sepeda motor butut untuk korban.(doc.Polsek Galur)

Aksi curanmor itu, kata Jeffry, terjadi di Padukuhan Sungapan Kidul, Kalurahan Tirtorahayu, Kapanewon Galur, Kulon Progo, pada Senin (4/4/2022) sore. Saat itu korban Hartini, warga Maesan, Wahyuharjo, Lendah, berangkat untuk mencari rumput mengendarai sepeda motor Honda Supra X 125 dengan pelat nomor polisi AB 4505 WC. Setelah tiba di lokasi, korban memarkirkan sepeda motornya di depan pos ronda kemudian mencari rumput.

Selang 30 menit kemudian, korban kembali ke pos ronda, tetapi sepeda motornya sudah raib. Saat ini korban justru menemukan sepeda motor Honda Astrea Prima dengan nopol AB 5929 RB. Sepeda motor tersebut ditinggalkan begitu saja dan warga sekitar juga tidak mengetahui siapa pemilik sepeda motor tersebut.

"Merasa sepeda motornya digasak maling selanjutnya korban melaporkan ke polisi," katanya.

2. Petugas melakukan olah TKP usai korban melapor

Pencuri di Kulon Progo 'Tukar' Supra X 125 dengan Motor BututPolisi lakukan olah TKP curanmor di Kulon Progo.(doc.Polsek Galur)

Polisi kemudian menindaklanjuti laporan dari korban dengan melakukan oleh TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi dan juga korban. Untuk sementara sepeda motor Honda Astrea Prima yang diduga milik pelaku pencurian diamankan di Mapolsek Galur untuk kepentingan penyelidikan.

"Ya kasus ini masih dalam penyelidikan petugas Reskrim Polsek Galur," tuturnya.

3. Menambahkan kunci rahasia pada sepeda motor agar lebih aman

Pencuri di Kulon Progo 'Tukar' Supra X 125 dengan Motor Bututhetanews

Lebih jauh, Jeffry meminta masyarakat yang meninggalkan sepeda motor untuk ke sawah atau merumput agar mengunci sepeda motornya atau menambahkan keamanan sepeda motor (kunci rahasia) agar tidak menjadi korban curanmor.

"Kalau ada kunci pengaman lainnya, meski pelaku bisa membuka kunci dengan paksa namun ketika sepeda motor dinyalakan mesin tidak akan hidup," ucapnya.‎

Baca Juga: Rumah Kena Longsor, Nenek 60 Tahun di Kulon Progo Tewas

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya