Pekerja Bangunan Temukan Kerangka Manusia‎ saat Gali Tanah di Bantul

Kerangka manusia ditemukan saat menggali lubang septic tank

Bantul, IDN Times - Pekerja bangunan menemukan kerangka manusia saat melakukan penggalian untuk septic tank di rumah seorang warga di Padukuhan Kepanjen, Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (8/10/2023), sekitar pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya, penemuan kerangka manusia tersebut dilaporkan ke Polsek Banguntapan pada Senin (9/10/2022).

1. Saat menggali lubang septic tank, tukang temukan kerangka manusia

Pekerja Bangunan Temukan Kerangka Manusia‎ saat Gali Tanah di BantulTukang bangunan temukan kerangka manusia di Banguntapan Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry, mengatakan penemuan tulang kerangka manusia itu berawal saat pekerja bangunan bernama Rakam menggali tanah untuk septic tank atau penampungan air.

Pada kedalaman kurang lebih 1,5 meter, ia menemukan tulang dan juga struktur gigi. Temuan tersebut langsung disampaikan kepada kepala tukang, Erdin, yang selanjutnya menyampaikan temuan tulang itu kepada pemilik rumah.

"Pada Senin (9/10/2023) pemilik rumah melaporkan temuan tulang kepada Polsek Banguntapan," ujarnya, Selasa (10/10/2023).

2. Sebelum dibangun, dulunya kebun kosong

Pekerja Bangunan Temukan Kerangka Manusia‎ saat Gali Tanah di BantulKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (IDN Times/Daruwaskita)

Atas laporan tersebut, petugas dari Polsek Banguntapan mendatangi lokasi penemuan tulang yang diduga kerangka manusia dan benar di lokasi ditemukan adanya tulang dan struktur gigi.

"Dari keterangan RT setempat dan kaum rois bahwa rumah tersebut sudah ada sejak tahun 1980. Sebelum dibangun merupakan kebun kosong," ucap Jeffry.

Baca Juga: Miras Oplosan Memakan Korban, FPRB Bantul: Bencana Ekonomi Keluarga

3. Hasil pemeriksaan dari petugas dan keterangan dari pemilik dan warga

Pekerja Bangunan Temukan Kerangka Manusia‎ saat Gali Tanah di BantulPenemuan tulang kerangka manusia di Banguntapan Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Sementara, saat petugas datang ke lokasi juga menemukan adanya puing tulang kepala manusia yang dikumpulkan menjadi satu. Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi penemuan kerangka manusia diduga tulang tersebut sudah lama karena kondisinya sudah pecah-pecah atau tidak utuh. Kerangka ditemukan pada kedalaman 1,5 meter dan lokasi kerangka ada yang berada di bawah fondasi pagar bumi.

"Keterangan dari pemilik rumah, tanah dibeli sekitar tahun 1980 dan kemudian dibangun rumah dan berdiri sampai saat ini," ucapnya.

"Keterangan warga sekitar juga menyatakan penemuan tulang kerangka manusia bukan pertama kalinya," tambahnya lagi.

Hasil dari pengecekan anggota Polsek Banguntapan akhirnya menyimpulkan kerangka manusia sudah ada di tempat sebelum tanah dibeli pemilik saat ini.

"Masalah penemuan kerangka manusia tersebut diserahkan kepada pemilik tanah dan warga sekitar. Selanjutnya pencarian dilanjutkan dan setelah terkumpul akan dikubur di makam kampung," pungkasnya.‎

Baca Juga: Dalam 2 Hari, 5 Warga Bantul Meninggal Akibat Miras Oplosan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya