Lagi, Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Indokor Bantul

Penyu diduga mati akibat memakan sampah plastik

Intinya Sih...

  • Penyu lekang ditemukan mati terdampar di Pantai Tambak Indokor, Bantul.
  • Dugaan kuat penyu mati karena memakan sampah plastik di laut.
  • Penyu lekang lainnya juga ditemukan penuh luka dan terdampar di Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo.

Bantul, IDN Times - Seekor penyu ditemukan mati terdampar di timur Pantai Tambak Indokor, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul. Bangkai satwa tersebut ditemukan oleh personel SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul saat melakukan patroli pantai pada Rabu (15/5/2024) sekitar pukul 14.15 WIB.

1. Penyu mati ditemukan saat personel SAR melakukan patroli pantai

Lagi, Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Indokor BantulSeekor penyu ditemukan mati terdampar di timur Pantai Tambak Indokor Bantul.(Dok.SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho, mengatakan penemuan penyu yang mati terdampar di timur Pantai Indokor berawal saat personel melakukan patroli pantai.

"Saat itu petugas curiga terhadap benda yang menyerupai penyu terdampar di pinggir pantai. Setelah didekati ternyata penyu dalam kondisi mati," ucapnya, Rabu (15/5/2024).

2. Penyu mati sudah mengeluarkan bau bangkai yang menyengat di hidung

Lagi, Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Indokor BantulIlustrasi penyu lekang (commons.wikimedia.org/Bernard Gagnon)

Menurut Nugroho, penyu yang mati merupakan jenis penyu lekang dengan panjang 65 sentimeter dan lebar 65 sentimeter. Saat ditemukan penyu sudah mengeluarkan bau bangkai yang menyengat di hidung.

"Diprediksi penyu sudah mati beberapa hari kemudian terbawa arus dan terdampar di timur Pantai Tambak Indokor," ucapnya.

Karena kondisi sudah membusuk maka penyu tersebut langsung dikubur oleh personel SAR tak jauh dari lokasi pertama kali penyu ditemukan mati terdampar.

"Dugaan kuat penyu mati akibat memakan sampah plastik di laut. Tidak ditemukan luka-luka pada tubuh penyu," terangnya.

3. Penyu lekang yang mati di pantai juga ditemukan di Kulon Progo

Lagi, Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Indokor BantulPenyu Lekang penuh luka mati terdampar di Pantai Glagah, Kulon Progo. (Dok. SAR Kulon Progo)

Selang sehari sebelumnya, seekor penyu lekang (Lepidochelys olivacea) juga ditemukan dalam kondisi penuh luka dan terdampar di kawasan Pantai Glagah, Temon, Kulon Progo, pada Selasa (14/5/2024). Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa wilayah V Kulon Progo, Aris Widyatmoko menuturkan, penyu itu kali pertama ditemukan dalam kondisi lemas oleh seorang pemancing.

Berdasarkan pengecekan fisik, ditemukan adanya bekas luka di kaki sebelah kiri dan darah keluar dari mulut penyu. Kendati, belum bisa dipastikan penyebab terdamparnya satwa malang itu hingga dinyatakan mati.

"Informasi dari tim di lapangan, kemungkinan ada luka di dalam tubuh ataupun makanan yang berbahaya," jelas Aris.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya