Belasan Lurah Petahana di Bantul Bakal Ramaikan Pilur 2022

Pendaftaran bacalon lurah ditutup 15 Juli 2022

Bantul, IDN Times - ‎Belasan lurah petahana bakal kembali meramaikan pemilihan lurah (Pilur) serentak di Kabupaten Bantul pada 25 September 2022 mendatang.

Salah satu dari belasan lurah petahana yang resmi mendaftar tiga hari menjelang penutupan pendaftaran yakni lurah petahana Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Pardiyono. Pensiunan ASN ini datang mendaftar ke Kalurahan Gilangharjo diantar oleh istri dan puluhan pendukungnya.

1. Baru ada 1 bacalon Lurah Gilangharjo yang resmi mendaftar‎

Belasan Lurah Petahana di Bantul Bakal Ramaikan Pilur 2022Ketua Panitia Pemilihan Lurah (Pilur) Kalurahan Gilangharjo, Suharsyati Purwanti.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Panitia Pilur Kalurahan Gilangharjo, Suharsyati Purwanti, mengatakan hingga Rabu (13/7/2022) baru ada satu balon lurah yang melakukan pendaftaran secara resmi ke panitia, yakni Pardiyono yang juga lurah petahana Gilangharjo. Sementara tiga balon lurah yang sudah mengambil formulir belum mengembalikan formulir pendaftaran

"Kita masih tunggu bacalon lurah lainnya untuk melakukan pendaftaran hingga hari Jumat (15/7/2022) pada jam kerja. Namun, jika hanya ada satu bacalon lurah yang mendaftar maka pendaftaran akan diperpanjang hingga 20 hari ke depan," katanya, Rabu (13/7/2022).

Jika tidak ada balon lurah yang juga mendaftar, maka pilur akan ditunda satu tahun dan dibarengkan dengan Pilur serentak tahun 2023 yang akan datang.‎

Baca Juga: Resmi Dibuka, Pendaftaran Lurah 2022 di Bantul Sepi Pendaftar

2. Masih banyak pekerjaan rumah yang belum tuntas

Belasan Lurah Petahana di Bantul Bakal Ramaikan Pilur 2022Bacalon Lurah Gilangharjo, Pandak, Bantul, Drs.Pardiyono gelar doa bersama di kediaman sebelum berangkat ke Balai Kalurahan Gilangharjo untuk mendaftar sebagai bacalon Lurah Gilangharjo.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu balon Lurah Petahana Gilangharjo, Pardiyono, mengatakan termotivasi untuk mendaftar kembali lurah mengingat sejumlah program yang telah dilaksanakan selama 6 tahun terakhir belum seluruhnya tuntas. Menurutnya, perlu ada perbaikan selama 6 tahun kedepan.

"Masih banyak pekerjaan rumah yang belum saya tuntaskan selama menjabat Lurah Gilangharjo dalam periode pertama dan akan saya tuntasnya dalam periode kedua jika rakyat Gilangharjo merestui dan memberi amanat kepada saya untuk kembali menjabat sebagai Lurah Gilangharjo," ujarnya.

Ia mengatakan, permasalahan stunting, kekerasan terhadap anak, hingga masalah kemiskinan yang bertambah akibat pendemik, menjadi prioritasnya untuk diselesaikan.

"Masalah stunting ini sangat serius karena ini akan berdampak pada generasi yang akan datang dan untuk menyelesaikan masalah stunting tidak lepas dari kesejahteraan masyarakat terutama dalam memberikan asupan gizi bagi ibu yang sedang hamil," katanya.

"Saat ini ibu muda yang hamil lebih suka mengkonsumsi makanan yang instan, kurang asupan sayur-sayuran dan makanan lain untuk buah hati yang dikandung. Meski ini hanya masalah sepele yakni tentang makan, namun dampaknya pada generasi yang akan datang," tambahnya lagi.

3. Sejumlah lurah petahana lain juga mendaftar

Belasan Lurah Petahana di Bantul Bakal Ramaikan Pilur 2022Lurah Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Ari Sapto Nugroho (nomor 2 dari kanan) mendaftar sebagai bakal calon Lurah Mulyodadi, Bambanglipuro Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu Lurah petahana Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Ari Sapto Nugroho, juga mengaku mendaftar kembali sebagai balon lurah pada hari Selasa (12/7/2022) kemarin.

"Saya daftar kemarin hari Selasa (12/7/2022) kebetulan sampai hari ini baru satu bacalon Lurah Mulyodadi yang mendaftar yakni saya sendiri," katanya.

Ari mengaku selain dirinya ada belasan lurah petahana di Bantul yang kembali ikut berkompetisi dalam Pilur serentak di 21 kalurahan di Bantul.

"Saya mencatat belasan lurah petahana kembali maju sebagai bacalon lurah. Pak Badrun lurah Seloharjo, Pundong juga maju kembali. Bu Erna Lurah Trirenggo juga maju kembali . Masih banyak lurah petahana lainnya yang maju kembali," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Pilur Serentak di Bantul, Dinamika Politik Makin Gayeng

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya