NasDem Usung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: KIB Bisa Goyah

Nyarwi Ahmad memprediksi PDIP akan segera ambil sikap

Yogyakarta, IDN Times - Dinamika politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin terasa setelah NasDem mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad, menyebut keputusan NasDem mengusung Anies mampu menggoyahkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Ini mampu menggoyahkan koalisi tiga partai KIB (Golkar, PPP, dan PAN)," ini menarik untuk dicermati," kata Nyarwi, Selasa (4/10/2022).

1. NasDem menangkap kalangan anak muda

NasDem Usung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: KIB Bisa GoyahPakar Komunikasi Politik UGM, Nyarwi Ahmad. (Tangkapan layar YouTube.com/IDN Times)

Keputusan NasDem mengangkat Anies dinilai ingin memaksimalkan potensi coattail effect dari daya magnetik elektoral Anies, khususnya di kalangan anak muda.

"Dengan jumlah pemilih yang besar, pemilih muda (gen Z dan milenial) menjadi faktor penting yang bisa menentukan siapa saja yang bisa menjadi pemenang dalam Pilpres mendatang," ucap Nyarwi.

Terlebih, Nyarwi melihat NasDem juga dalam barisan dua partai besar. "Paling tidak dua partai yang sangat potensial ada dalam barisan koalisi NasDem, PKS dan Partai Demokrat," ujarnya.

Baca Juga: Kata Pengamat UGM Soal Saling Membandingkan Era SBY dan Jokowi

2. Dimungkinkan dapat dukungan partai lain

NasDem Usung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: KIB Bisa GoyahAnies Baswedan, Capres Pilihan Partai Nasdem untuk tahun 2024 (IDN Times/Fauzan)

Nyarwi menyebut pendeklarasian Anies sebagai bacapres NasDem mengindikasikan NasDem sudah mendapatkan dukungan cukup solid dari partai-partai lain yang akan menjadi blok koalisi pengusung pasangan Capres-Cawapres.

"NasDem sudah jadi parpol pertama yang menabuh genderang kandidasi dalam Pilpres 2024," katanya.

Langkah NasDem tersebut dinilai akan memicu partai besar lain. Seperti PDIP untuk mengambil langkah. Partai pemerintahan itu dinilai akan menghadapi dua pilihan.

3. PDIP akan mengambil sikap

NasDem Usung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: KIB Bisa GoyahKetum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Nyarwi mempertanyakan apa yang dilakukan oleh NasDem tersebut nantinya mampu menarik PDIP untuk bergabung dan ikut mendukung langkah NasDem. "Itu juga pasti lebih menarik rasa penasaran publik," ucapnya.

Mungkin juga sebaliknya, Nyarwi menyebut apa yang dilakukan oleh NasDem tersebut dapat memantik PDIP untuk lebih cepat memilih dan mengumumkan Capres yang akan diusungnya dan membangun koalisi dengan partai lain. "Itu juga menjadi misteri yang ingin diketahui banyak orang," ujar Nyarwi.

Baca Juga: Cak Imin Soal Lamar Jadi Cawapres Puan Maharani: hanya Simulasi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya