Hasil Survei PolGov, Prabowo Subianto Paling Banyak Dipilih Mahasiswa

53 persen responden belum menentukan pilihannya

Yogyakarta, IDN Times - Research Center PolGov Departemen Politik dan Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada (UGM) merilis hasil survei opini dan preferensi politik mahasiswa Indonesia pada Pemilu 2024. Salah satu hasilnya menunjukkan pilihan politik figur bacapres tertinggi adalah sosok Prabowo Subianto.

Kelompok pemuda (milenial) menjadi sasaran strategis melihat potensinya yang sangat besar hingga mencapai 56,45 persen atau sekitar 113 juta pemilih. "Opini dan preferensi mahasiswa menjadi sentral karena tingkat literasi dan perhatian mereka pada isu-isu publik dan dinamika politik bisa berimplikasi pada sikap politik kelompok pemilih lain," ujar Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan UGM, Arya Budi, Rabu (27/9/2023).

1. Metode yang digunakan

Hasil Survei PolGov, Prabowo Subianto Paling Banyak Dipilih Mahasiswailustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Survei ini menurut Arya Budi merupakan upaya memetakan opini dan preferensi politik. Survei dilakukan selama dua minggu mulai 24 Juli 2023 - 7 Agustus 2023, terhadap 719 mahasiswa yang tersebar lebih dari 30 perguruan tinggi dari berbagai provinsi di Indonesia. Upaya menjangkau mahasiswa melibatkan dosen dan peneliti yang mengajar di universitas tersebut yang juga merupakan jaringan akademisi dan peneliti Research Centre 'PolGov'.

Pengambilan sampel atau responden menggunakan metode chain-referral sampling atau jamak yang dikenal snowball sampling dengan merekrut mahasiswa sebagai responden survei. Mode pengumpulan data adalah self-enumeration atau sering disebut self-administered survey, dimana mahasiswa mengisi survei di dalam platform Qualtrics secara mandiri melalui ponsel masing-masing.

"Metode sampling dalam survei ini adalah non-probabilistic sehingga responden dalam survei ini tidak mewakili populasi mahasiswa di Indonesia. Jumlah responden dan sebarannya dari berbagai daerah dimaksudkan untuk menggambarkan opini dan preferensi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi dan beragam latar belakang," terang Arya budi. 

2. 53 persen responden mahasiswa belum menentukan pilihannya

Hasil Survei PolGov, Prabowo Subianto Paling Banyak Dipilih MahasiswaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Salah satu yang menarik dari hasil survei terkait pilihan politik figur bacapres. Pemilih teridentifikasi terbanyak menyatakan pilihannya pada Prabowo Subianto sebanyak 17,92 persen, lalu Ganjar Pranowo 13,96 persen, dan terakhir Anies Baswedan yaitu 10,38 persen. Sementara 53 persen responden mahasiswa belum menentukan pilihannya. 

Analisis lebih lanjut berdasarkan pengukuran kedekatan dengan figur bacapres,
tingkat keterpilihan Prabowo mencapai 30,19 persen dan Ganjar memperoleh 30 persen atau sangat kompetitif, sementara Anies dengan 18,30 persen, cukup tertinggal. "Ya tipis-tipis Prabowo dan Ganjar," ujar Arya.

Baca Juga: Kaesang Bergabung ke PSI Jadi Sinyal Politik Presiden Jokowi

3. Prabowo dinilai menjadi sosok yang populer

Hasil Survei PolGov, Prabowo Subianto Paling Banyak Dipilih MahasiswaPrabowo Subianto. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pengamat Politik UGM itu menyebut tingginya pilihan mahasiswa terhadap Prabowo karena bukan orang baru dalam percaturan politik di Indonesia, terutama untuk Pilpres. "Prabowo bukan orang baru, dia sudah sangat populer. Dia sudah ada di surat suara sejak 2009 dan di pencapresan sudah berputar di media sejak 2004. Dia bacapres dari Golkar, tapi kalah di konvensi," ujar Arya.

Prabowo disebut sudah populer di semua kalangan, termasuk mahasiswa. Selain itu orang melihat kemampuan seseorang memimpin yang sanggup memegang kekuasaan eksekutif tertinggi.

"Prabowo ini pemimpin koalisi yang juga ketua umum partai, orang kuat. Sementara Ganjar diasumsikan petugas partai, yang bisa jadi keputusan politik bergantung bukan hanya di tangan dia, bisa jadi Megawati, tangan-tangan kuat lainnya. Nah itu yang menjelskan perbedaan asumsi persepsi orang terhadap Prabowo terhadap Ganjar walaupun tipis," ungkap Arya.

Baca Juga: 3 Bakal Calon Presiden Adu Gagasan, Rektor UGM Beri 5 Pesan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya