Comscore Tracker

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersama

Bukber memang seru, tetapi jangan sampai kelewat batas, ya!

Jika sudah memasuki bulan Ramadan, salah satu kegiatan yang pasti dilakukan oleh umat muslim kebanyakan adalah tradisi buka puasa bersama atau bukber. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat. Bisa sahabat, rekan kerja, teman satu kelas, hingga keluarga besar yang sekarang sudah jarang berkumpul.

Namun, di saat kegiatan bukber ini berjalan, tak jarang ada kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang dapat mengurangi keberkahan dari buka puasa itu sendiri. Oleh karena itu, hindari melakukan hal-hal berikut ini saat bukber!

1. Buka bersama dijadikan sebagai ajang menyombongkan pencapaian yang diraih

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersamailustrasi makan bersama (pexels.com/@ron-lach)

Niat utama dari buka bersama, memang hanyalah untuk kebersamaan dan mempererat hubungan antara sesama. Namun di balik semua itu, sering sekali terselip niat yang tidak-tidak yang bisa membuat berkahnya berkurang lho. Salah satunya adalah dengan membanggakan pencapaian yang telah diraih kepada orang-orang yang hadir.

Biasanya, hal ini terjadi di saat kamu buka bersama dengan orang-orang yang jarang sekali bertemu, alias sahabat lama. Bahkan parahnya, tidak jarang di antara kita yang suka merendahkan sahabat yang hadir, karena pencapaiannya belum seperti kamu. Di bulan Ramadan tahun in, jangan diulangi lagi guys.

2. Membicarakan keburukan orang lain menjadi bumbu yang salah saat bukber

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersamailustrasi makan bersama (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Tidak hanya membanggakan diri sendiri, terkadang orang yang tidak hadir pun jadi bahan obrolan. Sayangnya, kita justru kerap membicarakan hal-hal buruk dari mereka, dan menganggapnya sebagai topik yang seru.

Padahal, di saat kamu membicarakan keburukan orang lain, tidak hanya berkah puasanya saja yang akan berkurang, tetapi dosa kamu juga secara tidak sadar akan bertambah dan kamu juga secara tidak sadar sudah menyakiti hati orang lain, lho.

Baca Juga: 5 Doa Penting di Bulan Ramadan, Sebaiknya Dihafalkan

3. Berkumpulnya laki-laki dan perempuan tanpa adanya sebuah batasan

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersamailustrasi makan bersama (pexels.com/@diva-plavalaguna)

Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tidak boleh terlalu berdekatan atau bersentuhan. Namun, kebiasaan ini sering terjadi saat bukber. Kita sering sekali tidak mempedulikan batasan antara pria dan wanita, yang seharusnya diberikan batasan yang jelas.

Jika kamu berniat untuk melakukan buka puasa bersama. Tentukan batasan-batasan dari sekarang. Seperti dipisahkan tempat duduk antara laki-laki dan perempuan, hingga saling menjaga aurat satu sama lain, supaya tidak menjadi fitnah.

4. Saking serunya, sering sekali lupa dengan salat wajib atau melewatkan salat tarawih

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersamailustrasi makan bersama (pexels.com/@nicole-michalou)

Ingat lho, setelah buka puasa akan ada beberapa ibadah wajib dan sunah yang harus kamu kerjakan. Seperti salat magrib, isya dan salat tarawih. Biasanya kamu dan orang-orang yang hadir sering melupakan kewajiban yang satu ini. Entah itu terlalu seru berkumpul dengan sahabat-sahabat atau bisa juga karena terlalu lelah.

Solusinya untuk kalian adalah harus tetap meluangkan waktu untuk hal-hal yang sifatnya wajib. Jika semuanya sudah selesai, kalian bisa melanjutkan kembali kegiatan bersama-sama, kok. Bahkan bisa juga, kalian melakukan ibadah wajib dan sunah ini bersama-sama sahabat juga.

5. Menyantap menu berbuka dengan terburu-buru atau dibarengi obrolan dan gelak tawa 

Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Acara Buka Puasa Bersamailustrasi makan bersama (pixabay.com/id/users/surprising_shots-11873433)

Terakhir, kebiasaan buruk yang sering terjadi saat buka puasa bersama adalah makan terlalu terburu-buru atau makan dibarengi dengan mengobrol sambil tertawa cukup kencang. Padahal jika dilihat dari segi agama, kesehatan, sampai etika sopan santun, hal ini sangatlah kurang baik lho. Intinya buatlah batasan-batasan supaya tidak menyalahi sebuah aturan. 

Inti dari masalah-masalah di atas adalah balik lagi kepada diri kita masing-masing. Apakah kita semua mau berubah ke arah yang lebih baik atau akan tetap bertahan dalam kebiasaan yang salah. Yuk perbaiki dari sekarang!

Baca Juga: 9 Promo Buka Puasa All You Can Eat di Hotel Jogja, Dijamin Puas!

Sandi Nugraha Photo Community Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya