Comscore Tracker

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancar

Menghargai diri membantumu memaksimalkan potensi

Hal yang bisa kita kontrol penuh adalah diri sendiri. OIeh karena itu, kita perlu memaksimalkan potensi dalam diri agar kita dapat menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Namun, agar hal itu bisa tercapai, kita perlu belajar menghargai diri sendiri. Berikut ini beberapa caranya, dijamin inner beauty-mu akan terpancar!

1. Hentikan membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty TerpancarIlustrasi perempuan (Pexels.com/Elijah O'Donnell)

Dalam kadar tertentu, membandingkan diri dengan orang lain, seperti dari segi pendidikan, dan karier, dapat membantumu memotivasi diri. Namun, jika berlebihan, maka muncul rasa iri, tidak percaya diri, dan akhirnya malah memandang diri lebih rendah. Kamu malah akan semakin sulit menghargai diri sendiri. 

Oleh karena itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Temukan sendiri tujuanmu dan hal-hal yang membuatmu bahagia.

Baca Juga: 5 Jenis Perasaan Insecure, Mengganggu Kehidupan Sehari-hari

2. Asah kemampuanmu

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancarilustrasi wanita karier (pexels.com/Monstera)

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Keduanya dapat dioptimalkan untuk mendukungmu menjadi versi terbaik diri. Caranya, dengan mengasah keterampilan yang kamu miliki.

Mengasah keterampilan merupakan bentuk menghargai diri sendiri, membuatmu semakin mengenal dan mencintai diri sendiri. Tak dapat dimungkiri, hal tersebut butuh usaha. Tapi percayalah, kelak kamu akan menuai hasil yang baik dari usahamu itu.

3. Rawat tubuhmu dengan baik

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancarilustrasi perempuan(pexels.com/Pixabay)

Selain mengasah keterampilan, merawat tubuh juga dianggap sebagai suatu penghargaan terhadap diri sendiri. Anugerah yang kamu dapatkan ini tentu harus dirawat agar tetap sehat. 

Caranya, antara lain dengan berolah raga secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, serta menjaga penampilan, sehingga kamu merasa bahagia dengan tubuhmu sendiri.

4. Menjauhkan diri dari lingkungan toksik

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancarilustrasi pertemanan (pexels.com/@mentatdgt)

Lingkungan memiliki peluang besar dalam mempengaruhi seseorang. Jika seseorang menghargai dirinya sendiri, mereka tentu berupaya untuk menjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif.

Oleh karenanya, kamu perlu menjaga jarak dari lingkungan yang toksik dan lebih banyak membuat diri dikelilingi orang-orang yang suportif. Selain menjauhkanmu dari pengaruh buruk, hal ini juga membantumu mencegah pikiran-pikiran negatif menggerogotimu dari dalam.

5. Tumbuhkan rasa percaya diri dari dalam

5 Cara Belajar Menghargai Diri Sendiri, Agar Inner Beauty Terpancarilustrasi orang yang percaya diri (pexels.com/Moose Photos)

Ketika seseorang merasa dirinya berharga, ia akan nyaman dengan dirinya dan lebih percaya diri. Sebaliknya, kamu tidak akan menghargai diri sendiri ketika tidak ada keyakinan dalam dirimu.

Memang, hati kita kerap diliputi keraguan, insecure, dan pikiran negatif lainnya. Namun, tak cuma kamu, semua orang mengalaminya. Tak perlu menjadi orang yang sempurna agar percaya diri, kamu cukup meyakini bahwa kamu bisa melalui hari dengan baik. Sesekali melakukan kekeliruan itu juga hal yang wajar. Jadi, buat apa ragu?

Nah, lima cara di atas bisa menjadi renungan agar kamu bisa belajar lebih menghargai diri sendiri. Kalau kamu sudah bisa mengenal dan mencintai dirimu sendiri, pesonamu akan terpancar dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Berhenti Iri terhadap Kesuksesan Orang Lain

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya