Comscore Tracker

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!

Aturan hidup ini sangat penting untuk diperhatikan

Seperti yang diketahui, aturan sangat diperlukan dalam hidup. Misalnya saja bagi kita sebagai manusia. Dengan adanya aturan, kita bisa membuat pola hidup yang lebih teratur dan bermanfaat bagi manusia lainnya. Selain itu, aturan diperlukan agar kita tidak bertindak di luar batas.

Misalnya, sebelum berbicara akan lebih baik jika kita mendengarkan terlebih dahulu. Ini penting dilakukan agar kita tidak salah memberikan informasi. Namun demikian, ada beberapa aturan dalam hidup yang tanpa sadar sering kita lupakan.

Lantas, apa saja sih aturan yang penting dalam hidup tetapi sering kali dilupakan? Simak daftarnya sampai habis, ya!

1. Jangan terlalu mudah atau berlebihan dalam membuat janji

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!ilustrasi membuat janji (unsplash.com/alise storsul)

Sadar atau tidak, terkadang kita begitu mudah atau bahkan terburu-buru membuat janji kepada orang lain, terutama ketika sedang bahagia. Misalnya dengan mudah menyetujui tawaran atau permintaan yang mereka berikan. Padahal, kita gak tahu pasti apa yang akan terjadi ke depannya. Maksudnya, belum pasti juga kita akan mampu memenuhi janji tersebut.

Contoh lainnya, kita membuat janji berlebihan untuk pekerjaan baru. Seperti mencantumkan target besar di tahun pertama. Entah pada diri sendiri, pada rekan kerja, atau atasan. Meskipun tujuannya baik, kita tidak tahu pasti akan hambatan tak terduga yang bisa menghalangi, kan.

Maka dari itu, akan lebih baik jika kita tidak terlalu mudah membuat janji terutama sedang bahagia. Sebab, jika janji itu tidak bisa ditepati, bisa menimbulkan kekecewaan diri sendiri dan orang lain juga. Lebih dari itu, hal tersebut bisa mengurangi kredibilitas atau kepercayaan orang lain terhadap kamu nantinya.

2. Jika tidak melangkah maju, maka kita akan terus jalan di tempat

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!ilustrasi pria berlari (unsplash.com/nourdine diouane)

Aturan penting kehidupan berikutnya yang sering dilupakan yaitu jika tidak melangkah maju, maka kita akan terus jalan di tempat. Meskipun ini terdengar menakutkan, namun itulah kenyataannya. Sebab, terkadang karena beberapa alasan tertentu, kita jadi berhenti begitu saja. Entah karena rasa takut, insecure, dan sebagainya.

Memang, jalan di tempat gak terlihat bahaya bagi masa depan. Namun, ini sebenarnya sama bahayanya dengan memilih jalan yang salah. Yang pada akhirnya, membuat kita jadi malas atau bahkan tidak mendapatkan makna apa pun.

Namun jangan khawatir, kamu bisa kok mulai melangkah dari sekarang. Misalnya, dengan melupakan target besar terlebih dahulu. Namun sebaliknya, naiklah tangga perlahan dan resapi setiap langkahnya.

Baca Juga: Berhenti Lakukan 5 Hal Ini Jika Gak Ingin Menyesal Kemudian

3. Jika gak mengejar hal yang diinginkan, maka kita tidak akan pernah mendapatkannya

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!ilustrasi wanita menjadi diri sendiri (Unsplash.com/ Larm Rmah)

Setiap orang rasanya pasti pernah memiliki keinginan untuk memperjuangkan sesuatu dalam hidup. Misalnya, memperjuangkan cinta yang tepat, berjuang dalam hal pekerjaan, dan lainnya. Dalam hal ini, kalau kita gak mengejar apa yang diinginkan, maka tidak akan pernah mendapatkan. Ini juga merupakan aturan hidup yang sering dilupakan.

Memang, untuk mengejar apa yang diinginkan bukan perkara mudah. Sebab di samping kemudahan, gak jarang kita juga harus menemui kesulitan hingga merasa putus asa, misalnya. Namun, bukan berarti kita harus menyerah begitu saja.

Sebelum menyerah, kamu bisa nih mengingat kembali alasan kenapa kamu memulai sesuatu. Kalau sudah tahu tujuan dan alasannya, mau hasilnya baik atau buruk pun tetap ada manfaatnya. Mungkin untuk meningkatkan motivasi atau kedewasaan diri nantinya.

4. Jangan menyatakan cinta saat sedang kesepian

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!ilustrasi pria dan wanita memegang smartphone (unsplash.com/shawn fields

Selama ini, gak sedikit juga orang yang terjebak pada hubungan yang terlanjur mereka jalani. Maksudnya, mereka menjalin hubungan baru setelah baru putus cinta atau ketika merasa kesepian. Padahal, bisa jadi ia masih ragu atau belum yakin betul akan hubungan yang terjalin tersebut.

Alhasil, hubungan itu akhirnya tidak lancar atau menemui hambatan di masa depan. Misalnya, mereka jadi posesif pada pasangannya. Pokoknya, kalau pasangannya tidak memberikan kabar, dia bisa berpikir aneh-aneh atau bahkan menganggapnya selingkuh. Padahal, setiap orang juga perlu ruang untuk sendiri, kan.

Maka dari itu, tidak menyatakan cinta saat sedang kesepian sebenarnya penting dilakukan. Namun, pastikan kamu benar-benar siap untuk menjalaninya. Sehingga, kamu bisa saling percaya dan juga mampu berbagi suka maupun duka bersama, ya.

 5. Jangan mengambil keputusan saat sedang emosi

5 Aturan Penting dalam Hidup yang Kerap Dilupakan, Catat!ilustrasi wanita emosi (unsplash.com/gabriel gonzalez)

Terakhir, aturan hidup yang sering dilupakan yaitu untuk tidak mengambil keputusan saat sedang marah atau emosi. Meskipun marah merupakan bentuk emosi yang normal, akan tetapi bisa memberikan dampak negatif jika kamu gak bisa mengendalikannya. Seperti dapat menimbulkan perpecahan atau menimbulkan rasa penyesalan nantinya.

Biar tidak menyesal, cobalah untuk meredam emosi kamu terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Apalagi jika keputusan tersebut berdampak besar bagi kehidupan pribadi atau karier kamu. Caranya, dengan menenangkan diri atau dengan melakukan aktivitas fisik tertentu, misalnya.

Pada dasarnya, aturan dalam hidup sangat penting diterapkan. Meskipun demikian, bisa jadi aturan antara satu orang dan lainnya berbeda. Tidak masalah, yang penting tujuannya sama yaitu untuk mendapatkan kebaikan dalam hidup. Namun pastikan, jangan sampai melupakan aturan yang penting dalam hidup, ya.

Baca Juga: Pelihara 5 Rasa Ini agar Kamu Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Aprilia Nurul Aini Photo Community Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya