Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenis

Orangtua memiliki kewajiban untuk memberikan pengertian

Para orangtua tentu akan menyadari bahwa anak-anaknya kelak akan tumbuh besar dan mulai tertarik dengan lawan jenis. Bahkan rasa suka yang kerap dimiliki anak juga mulai terlihat sejak kecil, apalagi dengan orang-orang  di sekitar yang mungkin gemar menggoda anak.

Sebagian orangtua mungkin merasa khawatir saat anak-anaknya mulai tertarik dengan lawan jenis. Padahal orangtua dapat menghadapi situasi seperti ini dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Bersikap tenang dan tidak menghakimi anak

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenisilustrasi ibu dan anak (pexels.com/pixabay)

Tips yang pertama adalah dengan tetap berusaha memberikan respons positif pada anak. Tetap bersikap tenang dan jangan menunjukkan gestur atau ucapan yang menghakimi anak.

Jelas saja anak akan merasa takut apabila orangtuanya menghakimi mereka dan hal tersebut juga tak akan menghentikan anak untuk suka dengan lawan jenisnya. Justru dengan bersikap tenang, orangtua dapat menentukan langkah selanjutnya.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Baju Anak secara Online, Biar Gak Salah Beli!

2. Mencoba melihat dari perspektif anak

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenisilustrasi ibu dan anak (pexels.com/yankrukov)

Kadang kala banyak orangtua yang merasa khawatir secara berlebihan saat anaknya mulai suka dengan lawan jenis. Padahal hal tersebut sebetulnya tidak menjadi masalah, selama orangtua tahu bagaimana cara meresponsnya dengan baik.

Makna suka yang dimiliki anak pada lawan jenis jelas akan berbeda dengan rasa suka yang dimiliki orang dewasa. Hal inilah yang semestinya tak membuat orangtua khawatir secara berlebihan.

3. Memberikan pengertian pada anak mengenai rasa suka dengan lawan jenis

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenisilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/pavel-danilyuk)

Pada saat merasa tertarik dengan lawan jenisnya, anak-anak belum memahami apa makna dari hal tersebut. Kadang kala rasa suka tersebut juga hanya merupakan wujud dari rasa kagum atau candaan semata.

Orangtua perlu menjelaskan pada anak mengenai makna dari rasa suka tersebut. 
Dibandingkan mengetahuinya dari orang lain atau bahkan internet, maka akan lebih baik jika anak memperoleh pengertian langsung dari orangtuanya.

4. Jelaskan batasan-batasan yang harus anak ketahui

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenisilustrasi anak kecil (pexels.com/@pixabay)

Anak sangat memerlukan banyak penjelasan dan pengertian dari orangtuanya sendiri mengenai rasa suka pada lawan jenis. Orangtua juga jelas memiliki tanggung jawab untuk menjaga anak dari kemungkinan buruk dari pergaulan bebas.

Cobalah jelaskan pada anak mengenai batasan-batasan dalam bergaul dengan lawan jenisnya. Hal ini mencakup banyak hal, termasuk caranya dalam berinteraksi dan memperlakukan lawan jenis.

5. Menjadi sahabat dan pendengar yang baik untuk anak

5 Tips Menghadapi Anak yang Mulai Suka dengan Lawan Jenisilustrasi ibu dan anak (pexels.com/olly)

Orangtua memang sosok pertama yang akan selalu berusaha ada untuk anak-anaknya. Namun, tak semua orangtua dapat berperan baik dalam menjadi sahabat atau bahkan pendengar bagi anak-anaknya.

Secara tak disadari tentunya hal ini akan membuat anak justru jadi takut terbuka pada orangtuanya sendiri. Hal ini bisa membuat orangtua jadi tak tahu bagaimana interaksi anak dengan lawan jenisnya.

Memang sering kali momen seperti ini membuat orangtua jadi harus ekstra sabar dalam memberikan penjelasan pada anak. Terpenting orangtua tidak sampai mudah menghakimi dan membuat anak justru merasa tak nyaman. Jadilah pendengar yang baik bagi anak, ya!

Baca Juga: 5 Kunci Orangtua yang Asyik di Mata Anak, Open Minded!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya