Comscore Tracker

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!

Klan jenius di pertempuran, pemerintahan, hingga obat-obatan

Salah satu klan yang terkenal di Konohagakure adalah Nara alias Nara Ichizoku. Klan yang satu ini terkenal dengan kecerdasan tingkat tinggi. Tak mengherankan mengapa para anggota klan ini menduduki posisi krusial dalam pertempuran maupun pemerintahan.

Anggota klan Nara yang kerap ditampilkan dalam serial Naruto dan Boruto yaitu kakek-anak-cucu: Shikaku Nara, Shikamaru Nara, dan Shikadai Nara. Yuk, simak trivia klan mereka!

1. Klan Nara memiliki logo dengan filosofi yang agaknya masih terkait erat dengan alam

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara (dok. Pierrot/Naruto)

Sebagaimana klan-klan lainnya, klan Nara juga memiliki logo khas. Hingga saat ini, tak ada keterangan eksplisit dan rinci makna dari logo tersebut. Namun, sekilas logo tersebut melambangkan filosofi dari klan Nara yang berkaitan erat dengan alam.

Tepatnya, keterkaitan klan Nara dengan hutan dan pegunungan termasuk pohon dan sungai, serta hewan rusa, hingga jutsu khas klan Nara yakni bayangan yang juga merupakan kondisi alami dari alam. 

2. Klan Nara identik dengan hewan rusa, bahkan memiliki hutan pribadi sebagai habitat rusa

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara dan Rikumaru (dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Jika klan Yamanaka khas dengan babi dan klan Akimichi dengan kupu-kupu, maka klan Nara identik dengan rusa. Klan ini bahkan memiliki hutan pribadi yang menjadi habitat rusa-rusa mereka. Salah satu rusa yang tersohor yakni Rikumaru.

Usut punya usut, di dunia nyata, Nara merupakan ibukota Prefektur Nara yang memang terkenal dengan populasi rusa jinak. Bahkan, rusa-rusa yang hidup di Taman Nara ditetapkan sebagai harta nasional dan dilindungi di Jepang.

3. Keturunan laki-laki klan Nara umumnya berawalan nama 'Shika' untuk dapat tergabung dalam formasi legendaris Ino-Shika-Cho

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikaku Nara dan Shikamaru Nara (dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Dalam etimologi bahasa Jepang, kata "shika" bermakna rusa. Ini pula yang mendasari pemberian nama bagi anak laki-laki dari keturunan klan Nara. Kendati tak semua, tapi umumnya anggota laki-laki berawalan nama shika.

Ini juga membuat mereka tergabung dalam formasi trio legendaris Ino-Shika-Cho. Misalnya, dari kakek hingga cucu dalam garis keturunan Shikaku Nara-Shikamaru Nara-Shikadai Nara. Mereka juga adalah penerus atau kepala klan dalam generasinya. 

4. Klan Nara memiliki jutsu rahasia yang diwariskan turun-temurun berupa kemampuan memanipulasi bayangan melalui Elemen Yin

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara dan Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Setiap klan memiliki jutsu yang menjadi ciri khas, termasuk klan Nara. Klan yang satu ini memiliki jutsu rahasia yang diwariskan turun-temurun. Secara umum, jutsu tersebut merupakan kemampuan memanipulasi bayangan melalui Elemen Yin.

Bayangan dalam bahasa Jepang merujuk pada "kage". Oleh sebab itu, berbagai variasi jutsu klan Nara diawali dengan nama kage. Di antaranya adalah Kagenui no Jutsu, Kagezukami no Jutsu, Kagemane Shuriken no Jutsu, Kageyose no Jutsu, hingga Kage-Kubishibari no Jutsu.

Baca Juga: Naruto: 5 Asal-Usul Nama Jutsu Sasuke yang Menarik Diketahui

5. Klan Nara terkenal dengan kecerdasan tinggi dari generasi ke generasi yang bahkan disegani di luar Konohagakure

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikaku Nara (dok. Pierrot/Naruto)

Tak hanya di Konohagakure, kecerdasan tinggi dari para anggota klan Nara bahkan diakui di desa-desa lain. Misalnya saja, Shikaku Nara yang menduduki posisi sebagai ahli strategi perang merupakan sosok yang ditakuti para musuh.

Anaknya, Shikamaru Nara memiliki IQ 200 dan mencuri perhatian saat ujian Chunin dengan taktik brilian pun diakui oleh para petinggi. Cucunya, Shikadai Nara, bahkan digadang-gadang sebagai anggota klan Nara sekaligus calon penerus yang paling jenius.

6. Klan Nara, terutama anggota yang berawalan nama Shika, memiliki tampilan fisik yang khas berupa "rambut nanas"

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara dan Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Selain otak yang brilian, anggota laki-laki dari klan ini juga khas dengan tampilan fisik. Kendati tak semua, tapi khususnya para anggota klan berawalan nama shika memiliki ciri khas dari rambut mereka.

Tampilan rambut tersebut dijuluki "rambut nanas" lantaran memang sekilas tampak seperti bentuk nanas. Dari Shikaku Nara hingga Shikadai Nara, mereka mengikat rambut ke belakang dan membentuk ujung-ujung meruncing.

7. Klan Nara, terutama anggota yang berawalan nama Shika, memiliki sifat yang santai tapi sangat bertanggungjawab 

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Tak hanya tampilan fisik, sifat para anggota klan Nara berawalan nama shika pun serupa. Mereka cenderung tak memiliki motivasi tinggi alias tipikal santai. Kendati demikian, mereka sangat bertanggung jawab saat mengemban suatu misi.

Mereka juga bijaksana dan sangat peduli pada rekan. Mereka berbakat sebagai pemimpin namun tak memiliki ambisi yang cukup untuk menjadi orang nomor satu. Pasalnya, mereka memang lebih nyaman berperan dalam "bayangan" untuk orang nomor satu tersebut.

8. Klan Nara, terutama anggota yang berawalan nama Shika, memiliki pasangan hidup yang memiliki sifat bertolak belakang dengannya

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara dan Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Agaknya, sifat tersebut berpengaruh pula dalam perihal jodoh. Sebagaimana ungkapan "jodoh saling melengkapi", hal itu juga berlaku bagi para pria keturunan klan Nara terkhusus yang berawalan nama shika.

Mereka yang santai dianugerahi pasangan yang tegas. Shikamaru Nara mencemooh ayahnya, Shikaku Nara, yang takluk dengan ibunya, Yoshino. Kini, dia menikahi Temari, yang dulu dianggapnya menakutkan. Anaknya, Shikadai Nara, mungkin mengalami takdir serupa.

Baca Juga: 5 Alasan Era Akatsuki Menjadi Alur Cerita Terbaik di Naruto

9. Klan Nara, misalnya Shikaku Nara hingga Shikadai Nara, mengenakan busana yang melambangkan warna alam

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara dan Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Selain otak, fisik, dan sifat, para anggota klan Nara terutama yang berawalan nama shika tersebut juga memiliki selera busana yang cenderung serupa. Di serial Naruto, Shikaku Nara dan Shikamaru Nara mengenakan pakaian dengan motif jaring.

Di serial Boruto, Shikamaru Nara dan Shikadai Nara memiliki pakaian bermodel serupa. Tak hanya model, tapi juga pilihan warna. Rentang warna pakaian Shikaku Nara hingga Shikadai Nara agaknya mewakili klan Nara yang identik dengan alam dan rusa. 

10. Klan Nara, misalnya Shikamaru Nara dan Shikadai Nara, merupakan Chuunin pertama dan satu-satunya di angkatannya 

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Kelulusan dalam ujian Chuunin tak hanya ditentukan oleh kekuatan, tapi juga kemampuan dalam memimpin, menyusun strategi, dan mengambil keputusan di situasi pelik. Hal itu lah yang dimiliki oleh para anggota klan Nara tersebut.

Itu pula mengapa Shikamaru Nara dijuluki "kuda hitam" saat ujian Chuunin. Sosok yang tak disangka justru menjadi satu-satunya yang lulus sekaligus pertama di angkatannya. Tak hanya itu, anaknya, Shikadai Nara, juga mengikuti jejaknya yang melampaui rekannya.

11. Klan Nara, misalnya Shikaku Nara dan Shikamaru Nara, dipercaya menduduki posisi vital dalam pertempuran maupun pemerintahan

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikamaru Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Berkat kecerdasan dan bakat kepemimpinan, para anggota klan Nara dipercaya menduduki posisi vital. Misalnya, Shikaku Nara didapuk sebagai ahli strategi untuk Konohagakure dalam Perang Dunia Shinobi Keempat.

Shikamaru Nara menjabat sebagai penasihat Hokage sekaligus sosok vital dalam aliansi Lima Negara Besar Shinobi. Anaknya, Shikadai Nara, mulai belajar menjadi pemimpin pasca lulus ujian Chuunin dan menjalankan berbagai misi. 

12. Klan Nara, dari Shikaku Nara hingga Shikadai Nara, menggemari Shogi yang mengasah otak dan momen membentuk ikatan intens mereka

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikaku Nara dan Shikamaru Nara (dok. Pierrot/Naruto Shippuden)

Di dunia nyata, konon permainan ini bermula dari zaman periode Nara di masa lalu. Shogi merupakan permainan tradisional yang serupa dengan catur. Di serial Naruto dan Boruto, Shikaku Nara hingga Shikadai Nara menggemari permainan ini.

Dulu, Shikamaru Nara bermain dengan ayahnya, Shikaku Nara. Kini, dia menjadi lawan dari anaknya, Shikadai Nara. Tak hanya mengasah otak, momen bermain Shogi juga menjadi waktu ayah dan anak tersebut membentuk ikatan intens diantara mereka.

13. Klan Nara memiliki laboratorium medis pribadi yang berlokasi jauh di pegunungan

13 Trivia Klan Nara di Naruto-Boruto, Tak Cuma Jenius!Shikadai Nara (dok. Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Tak hanya sebagai shinobi ataupun politikus, klan Nara juga terkait dengan medis. Mereka memiliki ensiklopedia medis yang fokus utamanya untuk generasi klan Nara. Bahkan, Pil Tiga Warna yang dikonsumsi klan Akimichi, yang tergabung dalam formasi legendaris Ino-Shika-Cho, juga berasal dari klan Nara.

Mereka memiliki laboratorium pribadi yang berlokasi jauh di pegunungan. Laboratorium tersebut merupakan tempat penelitian, pengembangan, sekaligus penyimpanan obat. Usut punya usut, di dunia nyata, Prefektur Nara memang termasuk area pegunungan.

Naruto dan Boruto merupakan serial anime yang meraup atensi besar. Masashi Kishimoto tak hanya fokus pada plot cerita secara garis besar tapi juga peduli pada hal rinci, contohnya saja pada detail yang diberikan untuk membentuk klan Nara. Apakah shinobi unggulanmu juga berasal dari klan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Anggota Akatsuki Paling Cerdas dalam Serial Naruto

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya