Comscore Tracker

Menilik Karya Teddy Adhitya, Penyanyi Langit Favoritku Asal Jogja  

Pernah bikin grup vokal bersama Adera, Kunto Aji, dan Beboy

Kamu pastinya sudah pernah mendengar lagu Just You yang hits banget di berbagai platform media sosial kan? Siapa sangka, lagu yang mengisahkan pertemuan ini ternyata dinyanyikan oleh penyanyi asli asal Yogyakarta, Teddy Adhitya.

Namanya kian dikenal setelah beberapa kali berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia lainnya, seperti Isyana, Rizky Febian hingga membuat video klip untuk sahabatnya, Rendy Pandugo. Saat ini lagu Langit Favoritku, karya Teddy yang ditulis tahun 2021 viral di TikTok. Yuk kita telusuri perjalanan karier dan penghargaan penyanyi asal Jogja yang bersuara indah ini. 

1. Biodata lengkap Teddy Adhitya

Menilik Karya Teddy Adhitya, Penyanyi Langit Favoritku Asal Jogja  Biodata teddy adhitya (instagram.com/teddyadhitya)

Mempunyai nama lengkap Teddy Adhitya Hamzah, lahir di Yogyakarta pada 21 Juni 1991. Laki- laki berusia 31 tahun ini adalah seorang traveller dan fotografi. Tak heran, sebagian besar lagu yang ditulisnya tentang kisahnya sebagai seorang avonturir.

Aktif sebagai penyanyi dari tahun 2010 hingga saat ini, Teddy saat ini menggunakan labelnya dalam berkarya, yaitu TED Records.

2. Perjalanan karier Teddy Adhitya

Menilik Karya Teddy Adhitya, Penyanyi Langit Favoritku Asal Jogja  profil teddy adhitya (instagram.com/teddyadhitya)

Sewaktu usia 4 tahun, Teddy terjun ke dunia musik yang diawali dengan belajar bermain drum. Kepiawaiannya ini diteruskan hingga ia sekolah. Perjalanan sebagai vokalis dimulai saat menggantikan posisi vokalis band sekolah yang membuatnya mau tak mau membuatnya belajar bernyanyi secara otodidak. Nah, dari situ Teddy mencoba mengunggah suaranya di YouTube dan Soundcloud.

Di tahun 2010, bersama Kunto Aji, Beboy, dan Adera, Teddy membuat grup vokal yang diberi nama BoyzIIIBoys. Tak disangka band tersebut mendapat sambutan yang apik. Bahkan unggahan video klip di kanal YouTube, sukses mendapatk ratusan ribu viewers dan diundnag di salah satu acara televisi nasional. 

Tahun 2016, Teddy mencoba berkarier solo dengan lagu pertamanya yang berjudul 'In Your Wonderland', hampir keseluruhan musiknya dibuat oleh dirinya sendiri. Tahun yang sama, Teddy merilis lagu kedua yang berjudul Let Me. Kedua single ini lantas dijadikan satu dalam sebuah album perdana yang diberi judul Nothing is Real.

Baca Juga: Profil Anggota Shaggydog, Band asal Sayidan Jogja yang Melegenda

Baca Juga: BNI JJF Diramaikan Mikha Angelo dan Teddy Adhitya

3. Single dan album karya Teddy Adhitya

https://www.youtube.com/embed/zO1jsOcfo0o

Selama lebih dari sepuluh tahun berkarier, Teddy sudah memiliki dua album yaitu Nothing Is Real (2017) dan Question Mark ((?)) (2019). Dalam lagu Nothing is Real terdapat sebanyak 4  lagu yaitu In Your Wonderland yang dirilis pada 18 Januari 2016, Nothing Is Real yang dirilis 31 Oktober 2017, Won't Hurt You Tonight, dirilis 24 Maret 2018, dan Healer yang dirilis pada 4 Juli 2018.

Sementara album kedua, Question Mark ((?)) terdapat 10 lagu yang semu lirik ditulis oleh Teddy Adhitya, yaitu Thinking, Sweetly Sally, Really, Turn Me, Just You, 2 am, What Have Me Done, Everything is Everything, Don't Catch Me, dan The Answer.

4. Nominasi dan penghargaan yang diraih Teddy Adhitya

Menilik Karya Teddy Adhitya, Penyanyi Langit Favoritku Asal Jogja  Perjalanan karier teddy adhitya (instagram.com/teddyadhitya)

Teddy Adhitya telah beberapa kali berhasil masuk nominasi dan memenangkan penghargaan dalam industri musik Indonesia. Berikut daftarnya nominasi penghargaan: 

  • Indonesian Choice Awards sebagai Artist of the Year - 2017
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Album Soul/R&B/Urban Terbaik - 2017
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Karya Produksi Kolaborasi Terbaik - 2018
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Artis Solo Alternatif Terbaik - 2019
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Duo/Grup/Kolaborasi R&B Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Artis Solo R&B Terbaik - 2020
  • Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Duo/Grup/Kolaborasi R&B Terbaik - 2020

Di tahun 2017, berhasil menyabet Anugerah Musik Indonesia (AMI) sebagai Pendatang Baru Terbaik-Terbaik

Itulah profil dan karya lengkap dari Teddy Adhitya yang bikin makin kagum. Di usia yang masih muda, penyani asal Jogja ini konsisten membuat banyak karya sesuai hatinya. Menurut kamu, lagu Teddy Adhitya yang mana nih yang paling menyenangkan buat didengarkan? 

Baca Juga: [FOTO] Meriahnya Pasar Malam Sekaten Yogyakarta, Wajib Datang! 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya