Comscore Tracker

Tahun 2020, DP3 Sleman Siapkan 5 Paket Mina Padi

Kelima paket tersebut akan disebar di wilayah Sleman

Sleman, IDN Times - Di tahun 2020 ini, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman telah menyiapkan sebanyak 5 paket mina padi. Kelima paket tersebut nantinya akan disebar ke beberapa wilayah di Sleman, yang meliputi Sleman Barat, Timur, Tengah maupun Utara.

Baca Juga: Petani Untung 4 Kali Lipat dengan Sistem Mina Padi Kolam Dalam

1. Sistem mina padi lebih menguntungkan dari bertani konvensional

Tahun 2020, DP3 Sleman Siapkan 5 Paket Mina PadiKepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala DP3 Sleman, Heru Saptono mengungkapkan, dibandingkan dengan bertani secara konvensional, mina padi memiliki banyak keuntungan. Salah satunya yakni petani bisa memanen dua jenis sekaligus, yakni panen padi dan ikan. Selain itu, dari sisi hasil, lebih melimpah dibandingkan dengan bertani pada umumnya.

"Dua kali panen ikan dan padi. Sementara faktor produksi bisa dikurangi karena pupuk dan obat kimia bisa berkurang," terangnya pada Kamis (9/1).

2. Keuntungan rata-rata 300 persen

Tahun 2020, DP3 Sleman Siapkan 5 Paket Mina PadiHeru Saptono, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Heru mengatakan, dibandingkan dengan bertani secara konvensional, mina padi memiliki ongkos produksi yang jauh lebih rendah. Selain itu, nantinya pendapatan petani bisa meningkat hingga 300 persen.

"Ongkos produksi rendah, produktivitas naik, kemudian ada dua komoditas yang bisa dipanen. Sehingga pendapatan petani bisa meningkat, rata-rata bisa 300 persen, " ungkapnya.

3. Sistem mina padi sudah diterapkan di Sleman

Tahun 2020, DP3 Sleman Siapkan 5 Paket Mina PadiMina padi di Kabupaten Sleman. IDN Times/ Siti Umaiyah

Menurut Heru, di beberapa daerah di Sleman sendiri sebelumnya sudah menerapkan sistem mina padi. Salah satunya di Samberembe, Pakem dan Seyegan.

"Kita akan terus memperluas mina padi. Harapannya petani akan bisa meningkatkan pendapatannya karena agregator mix, padi dan ikan. Di setiap tahunnya, dengan sistem ini rata-rata petani bisa panen dua kali," katanya.

Baca Juga: Petani Bantul Sukses Uji Coba Budidaya Mina Padi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya