Comscore Tracker

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!

Tetap bisa puas liburan meski budget minim

Liburan ke Jogja tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Di Kota Gudeg ini, akhirnya kamu bisa menghilangkan stres yang ada di pikiran. Apalagi wisata Jogja dikenal murah dibandingkan kota tujuan wisata lainnya. 

Meski terkenal murah, tetapi pengeluaranmu untuk jalan-jalan di Jogja tetap bisa membengkak jika tidak cermat. Nah, berikut ini sejumlah tips wisata murah ke Jogja yang penting kamu catat! 

Baca Juga: 5 Transportasi Tradisional Yogyakarta, Tetap Eksis Temani Wisatawan  

1. Menyewa guest house untuk rombongan

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!ilustrasi kamar tidur bernuansa hijau (homedecorbliss.com)

Bagi kamu yang berlibur ke Jogja dengan teman-teman, hal yang harus kamu lakukan adalah menyewa sebuah guest house beramai-ramai. Hal ini sangat berguna untuk menekan pengeluaranmu selama liburan. Guest house di Jogja berkisar mulai dari harga Rp400 ribu per hari untuk 6 orang. Tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan hotel. 

2. Memilih penginapan yang murah

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!booking.com

Tips lain yang bisa kamu lakukan jika tidak datang berombongan adalah dengan memilih penginapan yang murah. Sebab, penginapan biasanya memakan pengeluaran paling banyak ketika berlibur. Kamu harus pandai-pandai ketika mencari penginapan baik dari sisi harga maupun sisi pelayanan yang diberikan.

3. Mengunjungi warung makan di sekitar kampus

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!Ilustrasi kampus di Yogyakarta (usd.ac.id)

Walau makanan di Jogja terkenal murah, makan di kawasan wisata umumnya lebih mahal dibandingkan warung biasa. Jika tidak sedang berwisata kuliner, kamu bisa mengunjungi warung makan di sekitar kampus yang ada di Jogja. 

Biasanya warung nasi dekat kampus memiliki harga lebih miring dibandingkan dengan warung nasi pada umumnya karena pelanggannya umumnya mahasiswa. Bahkan terkadang perbedaan harganya bisa mencapai 50 persen.

4. Budayakan makan seperti warga lokal

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!Ilustrasi Penjual Bakso (IDN Times/Sunariyah)

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah makan seperti layaknya orang lokal. Di sini maksudnya, memilih makanan lokal yang harganya lebih murah seperti bakso, soto dan yang lainnya.

Sebab, meskipun terkenal dengan jajanan yang murah, namun tidak menutup kemungkinan sebagai daerah wisata para pedagang mematok harga yang tinggi untuk makanan.

Baca Juga: Mengenal Gedung Agung, Istana Kepresidenan di Yogyakarta

5. Sewa motor untuk jalan-jalan

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!Ilustrasi Parkir Motor (IDN Times/Sunariyah)

Tips wisata murah ke Jogja selanjutnya adalah menyewa motor, terkhusus kamu yang pergi berdua. Dengan begitu, kamu tidak perlu naik kendaraan umum, taksi atau bahkan ojek online untuk bepergian ke banyak tempat. Karena biasanya, menyewa motor hanya berkisar di harga Rp50 ribu untuk satu motor selama 12 jam bahkan 24 jam.

6. Usahakan sewa mobil jika berombongan

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!Ilustrasi mobil (IDN Times/Umi Kalsum)

Berbeda dengan poin sebelumnya, jika kamu berlibur rombongan, menyewa mobil bisa menjadi alternatif terbaik. Karena jika dibandingkan naik kendaraan umum, sewa motor, atau ojek online, akan lebih mudah sewa mobil dengan kisaran harga Rp 350 Ribu per 12 jam. Bahkan jika menyewa mobil lepas kunci bisa lebih murah lagi,

7. Mengunjungi tempat wisata yang murah

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!Alun-alun kidul Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Jogja memiliki segudang pilihan objek wisata. Banyak di antaranya yang murah bahkan gratis. Tempat wisata murah tersebut di antaranya wisata pantai, desa wisata, museum, air terjun, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih saja!

8. Menawar barang ketika berbelanja

8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!IDN Times/Holy Kartika

Liburan sangat identik dengan yang namanya oleh-oleh. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menawar ketika membeli sesuatu. Cobalah untuk menawar 30 persen dari harga barang. Ini akan menekan pengeluaranmu  selama liburan. 

Itu dia beberapa ulasan tentang tips wisata murah ke Jogja yang penting untuk kamu cermati. Siap melancong ke Jogja?

Baca Juga: 4 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Berkunjung ke Jogja

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya