Comscore Tracker

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburan

Kamu pernah melakukan salah satu di antaranya gak, nih?

Liburan adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Di momen ini mereka dapat menenangkan pikiran dan menyingkir sejenak dari penatnya aktivitas yang selama ini dijalani.

Namun, liburan yang baik harus dipersiapkan dengan baik pula. Jangan sampai hal-hal yang kurang menyenangkan terjadi padamu. Seperti misalnya beberapa kesalahan yang kerap disepelekan wisatawan sebelum liburan berikut ini. Apa saja?

Baca Juga: 6 Cara Hindari Mabuk Perjalanan, Biar Mudik Minim Drama!

1. Tidak melakukan riset terlebih dahulu 

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburanilustrasi melihat peta (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Riset adalah hal paling dasar yang harus dilakukan oleh seorang wisatawan sebelum liburan. Jangan hanya karena viral atau punya spot yang menarik lantas kamu langsung berangkat ke objek wisata begitu saja tanpa berbekal informasi yang akurat.

Cari tahu lebih dulu mengenai info wisata dari destinasi tersebut. Seperti rute perjalanan paling efektif yang bisa ditempuh, fasilitas apa saja yang dimiliki, tips berlibur ke sana, harga tiket masuk, atau bahkan aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan. Hal-hal apa saja yang jadi pantangan, yang harus kamu hindari, kata-kata atau perilaku apa yang sebaiknya jangan dilakukan atau diucapkan juga wajib kamu riset dulu. Karena setiap daerah pasti punya adat dan budayanya sendiri yang harus kita hormati.

Selain itu, jangan sampai kamu marah-marah di media sosial dan komplain mengenai objek wisata padahal kesalahan ada pada diri kamu sendiri akibat kurang riset, ya. Misal tiket di hari libur naik dua kali lipat, rute perjalanan yang tidak bisa ditempuh dengan mobil, gak bisa menikmati fasilitas karena pengaruh cuaca, harus membayar spot di dalam setelah membayar tiket masuk dan masih banyak lagi.

2. Asal pilih objek wisata

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum LiburanPantai Timang (Unsplash.com/Aaron Kiru)

Setiap objek wisata memang memiliki keunikan tersendiri. Tapi, kamu juga harus memikirkan objek mana saja yang akan kamu datangi, berapa lama kamu akan menghabiskan waktu liburan di sana dan sebagainya.

Meski terdengar sepele namun semua itu berkaitan, lho. Misalnya kamu ingin pergi ke Yogyakarta saat akhir pekan, lalu objek yang kamu pilih misalnya Museum Ullen Sentalu di Kaliurang, dilanjutkan ke Studio Alam Gamplong, terakhir menikmati sunset di Pantai Timang, Gunungkidul.

Bagi mereka yang berada di luar Yogyakarta mungkin itinerary ini tampak menarik. Namun, faktanya rute ini membingungan dan tidak satu arah. Waktu satu hari liburan pasti tidak akan cukup mengingat di beberapa titik akan sangat macet saat liburan.

Makanya, sebelum memutuskan akan pergi ke mana, upayakan jangan asal dalam memilih objek wisata. Memilih objek yang searah dan sejalur selain membuat liburanmu jauh lebih menyenangkan kamu juga tidak terlalu lama menghabiskan waktu macet-macetan di jalan.

3. Menyepelekan masalah finansial 

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburanilustrasi uang untuk liburan (Unsplash.com/MOHD AZRIN)

Asal berangkat saja saat liburan tidak bisa kamu lakukan, lho. Terlebih bila kamu berniat mendatangi spot-spot yang sedang viral dan sebagainya. Bertandang ke objek wisata yang gratis sekali pun kamu tidak bisa serta merta menyepelekan masalah finansial. Apalagi datang ke objek wisata yang jelas-jelas berbayar.

Cari tahu dulu, deh, apakah objek yang kamu datangi meminta kamu harus membayar lagi selain tiket masuk atau tidak. Gak lucu dong kalau semisal kamu sedang asyik berfoto ternyata spot tersebut harus berbayar per setengah jam atau bahkan per foto misalnya. Tanpa finansial yang cukup kamu jelas merasa terbebani, bukan?

Selain persoalan tiket, persoalan isi perut juga wajib kamu pikirkan. Sudah bukan rahasia lagi, membeli makanan atau minuman di objek wisata harganya memang cenderung lebih mahal.

Kamu sendirilah yang bisa memperkirakan berapa uang yang harus kamu persiapkan. Terutama jika terjadi kejadian tak diinginkan, misalnya kamu harus extend stay di hotel, pesawat delay, ketinggalan kereta, kendaraan mogok, dan sebagainya, ini juga harus kamu pikirkan.

Baca Juga: Teras Kaca Pantai Nguluran: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

4. Akomodasi dan transportasi juga jangan disepelekan, lho! 

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburanilustrasi liburan bersama rombongan (Pexels.com/Sake Le)

Akomodasi dan transportasi jadi salah satu poin yang cukup vital dan gak boleh disepelekan. Kamu harus tahu dulu, nih sebelum liburan kamu akan datang sendiri atau bersama rombongan. Moda transportasi apa yang akan kamu gunakan untuk liburan apakah transportasi umum, pesawat, kereta, kapal, bus, motor atau bahkan mobil pribadi.

Bila memilih liburan dengan menggunakan transportasi umum termasuk pesawat hingga bus kamu jelas harus disiplin dengan diri sendiri. Jangan sampai ada yang terlewat, jangan sampai ada yang ketinggalan atau bahkan ketinggalan jadwal keberangkatan.

Begitu pula jika memilih pergi dengan rombongan, jangan sampai kendaraan terlalu penuh dan diisi dengan jumlah orang yang tidak semestinya. Dikhawatirkan akan berpengaruh pada keselamatan diri sendiri dan orang lain.

5. Persiapan diri sendiri juga gak boleh kamu sepelekan 

5 Kesalahan Ini Kerap Disepelekan Wisatawan Sebelum Liburanilustrasi seorang wanita sedang liburan (Pexels.com/Te lensFix)

Persiapan diri sendiri yang dimaksud adalah kondisi tubuh yang fit. Memaksakan liburan dengan kondisi badan yang gak fit malah akan membuatmu kesulitan sendiri. Pastikan sebelum berpergian untuk  mengisi perut terlebih dahulu. 

Liburan memang sudah sepantasnya kita sambut dengan gembira dan suka cita. Kondisi tubuh yang fit juga berpengaruh terhadap objek yang akan kamu datangi. Misalnya, objek yang mengharuskanmu menempuh perjalanan jauh atau memiliki trek yang terbilang cukup ekstrem.

Persiapan diri sendiri jelas gak boleh banget disepelekan. Meski hanya menyambangi taman bermain, tubuh kita bisa ngedrop karena kelelahan mengitari seluruh area, lho. Kondisi yang fit dan bugar juga jelas membuat diri kamu lebih bisa puas saat liburan.

Meski terbilang sepele, jangan sampai kamu melakukan sederet kesalahan di atas, ya! Sebagai wisatawan kamu harus mempersiapkan segala sesuatu sebelum liburan dengan baik.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Annisa Nur Fitriani Photo Community Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya