Comscore Tracker

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaat

Sering dijadikan sebagai dekorasi dan buket bunga 

Bunga krisan memiliki nama latin chrysanthemum. Bunga krisan memiliki warna yang cantik, sehingga sangat digemari banyak orang. Biasanya bunga krisan dijadikan sebagai dekorasi, buket bunga, atau dikonsumsi.

Sebagai bunga yang cantik, bunga krisan dijuluki sebagai raja bunga potong. Pasalnya bentu, tipe, warnanya begitu indah dan beragam. Bunga krisan bukanlah bunga cantik biasa, tetapi ada beberapa fakta menarik tentang bunga ini. Yuk, simak lima fakta menarik mengenai bunga krisan di bawah ini.

1. Berasal dari Tiongkok

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaatilustrasi tanaman (unsplash.com/Nadiia Ploshchenko)

Bunga krisan bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan dari Tiongkok. Bunga ini awalnya dibudidayakan di Tiongkok pada lebih dari 3 ribu tahun yang lalu. Sejak saat itu bunga krisan mulai dikembangkan di berbagai wilayah.

Diperkirakan bunga krisan masuk ke Indonesia pada abad ke-19. Jenis bunga krisan di Indonesia merupakan hasil introduksi dan persilangan. Sehingga tercipta banyak varietas, bentuk, dan warna baru bunga krisan.

2. Memiliki banyak makna

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaatilustrasi tanaman (unsplash.com/Yang Yu)

Kecantikan bunga krisan dimaknai berbeda-beda bagi masing-masing negara. Misalnya, di Jepang, bunga krisan melambangkan kekaisaran. Di Amerika Serikat melambangkan kegembiraan dan semangat optimisme.

Namun, di beberapa negara Eropa, termasuk Spanyol dan Belgia, bunga krisan dikaitkan dengan kematian seseorang dan sering kali dijadikan sebagai simbol duka cita ketika pemakaman. Sementara di Indonesia sendiri krisan dilambangkan sebagai kecantikan dan kegembiraan. 

Baca Juga: 5 Cara Unik Hewan Melihat Warna, Mata Manusia Kalah

3. Terdapat banyak varian

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaatilustrasi tanaman (unsplash.com/Yoksel Zok)

Warna dasar bunga krisan adalah emas. Padahal terdapat banyak varian warna seperti kuning, merah muda, ungu, hijau, putih, ungu, dan merah. Keragaman tersebut dihasilkan dari penyilangan antarbunga krisan.

Selain itu terdapat juga varietas dari bunga krisan yang akan mempengaruhi bentuk bunganya, antara lain lilac candy, pearly candy, dan white candy. Bentuk bunganya seperti tombol, anemon, bulu ayam, sendok, maupun rumah laba-laba.

4. Bisa dijadikan bahan konsumsi

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaatilustrasi tanaman (unsplash.com/Julia Kicova)

Selain cantik untuk dilihat, bunga krisan juga bisa dikonsumsi. Salah satu produk yang terkenal, yaitu teh krisan. Teh tersebut dibuat dari bunga krisan yang sudah dikeringkan. Teh ini dulunya sangat populer di Tiongkok.

Daun bunga krisan pun juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran dalam membuat salad atau sop sayuran. Namun, perlu membersihkan daun tersebut, karena dikhawatirkan masih terdapat pestisida atau insektisida.

5. Bisa dijadikan untuk mengusir serangga

5 Fakta Bunga Krisan, Si Cantik yang Kaya Manfaatilustrasi tanaman (unsplash.com/Christopher Lotito)

Tak hanya dijadikan dekorasi dan dikonsumsi, bunga krisan juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir serangga. Terdapat senyawa yang terkandung dalam bunga krisan yang bisa mengusir serangga, salah satunya nyamuk.

Namun, bunga krisan perlu diekstrak terlebih dahulu menjadi minyak. Biasanya senyawa yang terkandung dalam bunga krisan dijadikan bahan tambahan dalam obat pengusir serangga, yaitu pyrethrum.

Bunga krisan adalah bunga yang cantik dengan beragam manfaat. Terdapat banyak fakta menarik mengenai bunga yang dijuluki raja bunga potong tersebut yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Fakta Sukulen, Tanaman Imut yang Mudah Dirawat

Khanif Irsyad Fahmi Photo Community Writer Khanif Irsyad Fahmi

Mahasiswa yang Suka Ngomongin Pertanian, Sepakbola, dan Kepemimpinan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya