Warga Kulon Progo Sudah Bisa Peroleh Vaksinasi Booster Kedua

Vaksinasi bisa kamu dapatkan di puskesmas terdekat

Kulon Progo, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah memulai vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk masyarakat umum.

"Vaksinasi booster dosis kedua untuk masyarakat umum sudah kami mulai sesuai surat edaran kementerian tanggal 24 (Januari)," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kulon Progo, Rina Nuryati saat dihubungi, Kamis (26/1/2023).

1. Tersedia di semua puskesmas

Warga Kulon Progo Sudah Bisa Peroleh Vaksinasi Booster KeduaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Rina mengatakan, seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Kulon Progo membuka layanan untuk vaksinasi booster dosis kedua ini. Demikian pula dua rumah sakit daerah di sana, yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang.

Adapun RSU Santo Yusup Boro dan Klinik Kusuma Medika yang rutin menjadwalkannya sekali sepekan.

"Selama ini vaksinasi berbagai dosis yang dilakukan di tingkat dusun melibatkan sejumlah pihak, termasuk Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)," jelas Rina.

Baca Juga: Sri Sultan Berencana Beri Bansos Bagi Lansia Miskin di Jogja   

2. Masih sepi peminat

Warga Kulon Progo Sudah Bisa Peroleh Vaksinasi Booster KeduaPenyuntikan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya percepatan program vaksinasi (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Rina mengatakan, hari pertama tercatat sebanyak 28 orang disuntik vaksin booster dosis kedua. Hari selanjutnya sebanyak 22 orang. 

Namun demikian, lanjut Rina, berdasarkan laporan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), antusiasme masyarakat lebih baik ketimbang saat dimulainya pemberian vaksinasi booster dosis pertama tahun lalu. Kendati peningkatannya tak terlampau signifikan. 

"Ada tren peningkatan dari dosis 3 dan 4 mulai nambah lagi. Sempat sedikit yang datang," beber Rina. 

3. Target 350 ribu lebih sasaran

Warga Kulon Progo Sudah Bisa Peroleh Vaksinasi Booster Keduailustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Ia menambahkan, perlu upaya lebih dalam menggenjot capaian vaksinasi demi mengejar jumlah penduduk 378.177 sebagai target vaksinasi.

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan juga sudah mensosialisasikan program ini melalui media sosial institusi serta Puskesmas. Di saat bersamaan advokasi ke pemerintah daerah bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) agar menyampaikan vaksin booster dosis kedua untuk masyarakat.

"Stok vaksin yang ada di Dinas Keeehatan Pfizer 150 vial dan Zifivac 22 vial. Ini stok yang ada di Puskesmas. Kami harapkan masyarakat bisa mengakses vaksinasi booster di fasyankes terdekat sesuai jadwal masing-masing," pungkas Rina.

Baca Juga: Upah Murah di Jogja, Sumbang Angka Kemiskinan Makin Tinggi 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya