Sultan dan Menko Polhukam Tak Bahas Wacana Pertemuan Mega-Jokowi

Tak ada lagi instruksi yang diterima Sri Sultan

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X enggan membeberkan topik pembicaraannya saat ditemui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal Purn. Hadi Tjahjanto di kediamannya, Kraton Kilen, Jumat (23/2/2024) malam.

Sultan menyebut pertemuannya dengan Hadi kemarin secara garis besar mendiskusikan topik kenegaraan.

"Mosok njuk aku kon njelaske, yo ra iso to (masa saya diminta menjelaskan, ya tidak bisa). Ya macam-macam lah, nggak ada kesimpulan kok. Ya kalau itu materi macam-macam kenegaraan ya gak boleh," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (26/2/2024).

1. Belum ada instruksi lanjutan soal mediasi Jokowi-Mega

Sultan dan Menko Polhukam Tak Bahas Wacana Pertemuan Mega-JokowiMenko Polhukam Hadi Tjahjanto usai menemui Sri Sultan HB X. (IDN Times/Tunggul)

Sultan juga tak menyebut wacana pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri diperbincangkan saat dirinya bertemu Hadi.

Raja Keraton Yogyakarta itu mengaku belum menerima arahan lanjutan soal dirinya yang diminta menjembatani pertemuan antara Jokowi dan Mega. "Enggak ada (belum ada arahan lagi)," katanya.

Lebih-lebih, kata Sultan, proses atau tahapan Pemilu atau Pilpres 2024 juga belum selesai. "Itungane durung rampung kok (proses rekapitulasi belum selesai)," ujarnya.

 

2. Tolak komentari hubungan Jokowi-Mega

Sultan dan Menko Polhukam Tak Bahas Wacana Pertemuan Mega-JokowiSri Sultan Hamengku Buwono X, menjadi orang pertama yang mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 nDalem Cokronegaran, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Paulus Risang)

Sekalipun telah diminta menjembatani, Sultan pribadi enggan mengomentari hubungan antara Jokowi dan Megawati akhir-akhir ini. "Kalau itu tidak bisa nilai, saya gak mau menilai orang, apalagi pejabat," tuturnya.

Baca Juga: Sultan HB X Akui Diminta Jokowi Jembatani Pertemuan dengan Megawati

3. Sultan diminta jembatani Jokowi bertemu Megawati

Sultan dan Menko Polhukam Tak Bahas Wacana Pertemuan Mega-JokowiPresiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen, Minggu (28/1/2024) (IDN Times/ Tunggul Damarjati)

Sebelumnya, Sri Sultan mengaku diminta Jokowi untuk memediasi pertemuan sang kepala negara dengan Megawati Soekarnoputri. Sultan menyebut permintaan untuk memediasi itu inisiatif langsung dari Jokowi. Dirinya hanya menanti arahan untuk realisasi wacana ini.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Jogja Waspadai Hujan dan Petir

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya