Santap Bakmi di Warung Pele Jogja, Jokowi Pesan 100 Porsi 

KIra-kira Pak Jokowi bayar berapa ya? 

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyantap hidangan makan malam bakmi jawa di Warung Bakmi Pak Pele yang terletak di Pojok Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Kamis (1/6/2023) malam. Presiden memesan setidaknya 100 porsi saat warung tersebut sedang ramai pembeli.

1. Bikin pelanggan antre

Santap Bakmi di Warung Pele Jogja, Jokowi Pesan 100 Porsi Presiden Jokowi saat foto bersama warga di Warung Bakmi Jawa Pak Pele, pojok Keraton Alun-Alun Utara Yogyakarta, Kamis (1/6/2023) malam (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Berangkat dari Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung, Jokowi yang mengenakan kaos berwarna cokelat tiba di warung tenda Pak Pele bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep dan menantu Erina Gudono sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan pantuan, para pelanggan rela antre menunggu sampai Jokowi dan keluarga selesai menyantap hidangan. Mereka kemudian berdesakan meminta foto saat orang nomor satu di Indonesia itu hendak meninggalkan warung.

2. Dikabari mendadak

Santap Bakmi di Warung Pele Jogja, Jokowi Pesan 100 Porsi Tangkapan layar saat Jokowi santap bakmi di Warung Pak Pele, Yogyakarta (Instagram/Erina Gudono)

Pak Pele, selaku pemilik warung mengaku dia menerima pemberitahuan mendadak akan kedatangan Jokowi sekitar pukul 19.00 WIB. Ada tiga menu yang dipesan, yakni bakmi rebus, bakmi goreng, dan nasi goreng.

Tanpa membuang banyak waktu, Pak Pele menyiapkan tiga menu pesanan dengan porsi lebih sedikit dari standar warungnya.

"Biar bisa merasakan semua," kata Pak Pele yang telah berjualan bakmi jawa sejak 1983 itu.

Sesuai permintaan pihak Kepresidenan, Pak Pele mengosongkan tiga meja. Walau waktu itu warungnya dalam kondisi penuh pelanggan.

"(Pelanggan) pada setuju semua, mereka senang sekali, tapi dengan catatan nanti minta salaman dan foto," bebernya.

Baca Juga: Jokowi Makan Bakmi Warung Pak Pele, Tempat Kaesang dan Erina Pacaran 

3. Pesan 100 porsi, ini jumlah yang harus dibayar Jokowi

Santap Bakmi di Warung Pele Jogja, Jokowi Pesan 100 Porsi Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain tiga pesanan utama, menurut Pak Pele, Presiden beserta rombongan menghabiskan tidak kurang sebanyak 100 porsi.

"Tadi saya bingung, saya cuma kira-kira. Saya suruh bayar Rp3 juta, totalnya. Tapi kan banyak sekali, minta duluan semua, nah itu yang (membuat) mahal," imbuh Pak Pele.

Meski warungnya kedatangan kepala negara, Pak Pele mengaku tak grogi lantaran ini bukan kali pertama pejabat Tanah Air menyantap masakannya. Dia sudah terbiasa mendapat kunjungan tokoh penting.

"Dulu Megawati juga sudah pernah," tutupnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hari Ini Resmikan Jembatan Kretek 2 Bantul 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya