Pemkot Yogyakarta Ingatkan Aturan Lepas Masker di Luar Ruangan

Jokowi longgarkan aturan pemakaian masker

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengumumkan keputusan untuk melonggarkan penggunaan masker di luar ruangan. Pemerintah Kota Yogyakarta bakal mengimplementasikan arahan tersebut namun tetap menerapkan pembatasan yang ditetapkan.

1. Izinkan lepas masker di area terbuka

Pemkot Yogyakarta Ingatkan Aturan Lepas Masker di Luar Ruanganilustrasi warga menggunakan masker (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan pihaknya akan menerapkan kebijakan dari Pemerintah Pusat terkait pelonggaran penggunaan masker. "Kalau sudah menjadi kebijakan pemerintah ya kita juga kan terapkan untuk bisa membuka masker di area terbuka," kata Heroe dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022).

2. Lepas masker dengan batasan

Pemkot Yogyakarta Ingatkan Aturan Lepas Masker di Luar Ruanganilustrasi masker sekali pakai. (unsplash.com/Mika Baumeister)

Meski demikian, Heroe mengingatkan batasan-batasan yang harus dipatuhi sebagaimana arahan yang dijelaskan oleh Presiden Jokowi.

"Misalnya area terbuka yang jumlah kunjungan tidak besar, bagi yang lansia dan yang punya komorbid diminta tetap memakai masker. Begitu juga bagi yang punya batuk dan pilek," ujarnya.

Baca Juga: Bakpia, Geplak dan Yangko Jadi Makanan Ringan Para Delegasi DEWG G20 

3. Tetap pakai masker di area tertutup dan transportasi publik

Pemkot Yogyakarta Ingatkan Aturan Lepas Masker di Luar RuanganWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Masih terkait batasan, Heroe menekankan pemakaian masker masih bersifat wajib di tempat-tempat tertutup. "Di area tertutup dan kendaraan umum masih tetap harus menggunakan masker," tegasnya.

Mereka yang merasa nyaman beraktivitas dengan menggunakan masker demi kepentingan bersama juga tidak dilarang.

"Jadi diimbau misalnya sudah diizinkan tidak menggunakan masker di area terbuka, tetap diharapkan yang merasa nyaman pakai masker lebih baik dipergunakan itu lebih baik," pungkasnya.

Baca Juga: Mulai Hari Ini 12.232 Peserta Ikut UTBK UGM 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya